Tahun Depan, UIN Terapkan Penganggaran Berbasis Online

Subarja M.Pd.I.jpg 2Rg. Biro PK, BERITA UIN Online— UIN Jakarta bakal menerapkan penganggaran berbasis online di 2016 melalui Sistem Informasi Rencana Bisnis Anggaran (SIRBA) Online. Selain diharap meningkatkan penyerapan anggaran sesuai siklusnya, sistem diharap mendorong transparansi dan akuntabilitas penganggaran di lingkungan UIN Jakarta.

Demikian disampaikan Kepala Biro Perencanaan dan Keuangan (Kabiro PK) Drs Subarja M.Pd kepada BERITA UIN Online di ruang kerjanya, Senin (31/08). “Bila tahun sebelumnya dan kini sebagai uji coba, maka di tahun depan kita wajibkan seluruh unit menggunakan aplikasi ini,” ujarnya.

Melalui SIRBA Online, tuturnya, setiap unit harus mengunggah seluruh program kegiatan dan kebutuhan pendanaan yang direncanakan dalam form SIRBA. Melalui sistem yang disediakan SIRBA, program-program tersebut bisa dipantau sejauhmana pelaksanaannya. Bahkan, hasil pelaksanaan kegiatan juga akan terlihat.

“Dengan begitu, rektor atau pimpinan terkait program dan anggaran bisa memantau sejauhmana pelaksanaan program yang direncanakan secara real time. Bila lambat atau tidak ada penyerapan sama sekali, mudah mengontrolnya,” tambahnya.

Selain memudahkan pengawasan pelaksanaan anggaran, lanjutnya, SIRBA Online juga memungkinkan terjadinya efisiensi dan efektifitas pengelolaan anggaran. Sebab setiap unit bisa meng-upload langsung perencanaan program tanpa harus dikerjakan manual.

Terkait penerapan sistem ini, Subarja berharap seluruh unit di lingkungan UIN Jakarta disiplin meng-update informasi anggaran yang sudah dimuat dalam SIRBA. Kematangan perencanaan di hulu penganggaran juga mutlak diperlukan untuk menjamin efisiensi dan efektifitas pengelolaan. (TAM/HMN/ZM)