Sustainability Program

Water conservation

Air dan limbah adalah masalah yang menjadi perhatian kampus. Oleh karena itu, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta pun memiliki komitmen menjadi bagian dari isu pengelolaan keberlanjutan air ini.

Program konservasi air dilakukan dalam beragam bentuk, antara lain:

A. Pembuatan Biopori

Biopori adalah lobang yang sengaja dibuat di atas tanah dengan ukuran tertentu, yang fungsinya memberikan “nafas” kepada bumi, serta menampung air di permukaan tanah. UIN Jakarta melakukan pembuatan biopori ini mulai dari pelatihan pembuatan biopori untuk mahasiswa dan masyarakat sekitar.

Sebenarnya, pembuatan biopori sudah banyak dilakukan sebagian besar oleh mahasiswa dan masyarakat. Biopori berfungsi juga untuk mengolah  sampah jadi pupuk selain berperanan sebagai konservasi air, mengatasi banjir.

B. Pembuatan Resapan Air

Sumur resapan adalah salah satu  teknik konservasi air berupa bangunan yang dibuat sedemikian rupa sehingga menyerupai bentuk sumur gali dengan kedalaman tertentu yang berfungsi sebagai tempat menampung air hujan yang jatuh di atas atap rumah atau daerah kedap air dan meresapkannya ke dalam tanah.

Bangunan sumur resapan adalah salah satu rekayasa teknik konservasi air berupa bangunan yang dibuat sedemikian rupa sehingga menyerupai bentuk sumur gali dengan kedalaman tertentu yang berfungsi sebagai tempat menampung air hujan yang jatuh di atas atap rumah atau daerah kedap air dan meresapkannya ke dalam tanah.