Stan UIN Jakarta Dipadati Pengunjung

Senayan, BERITA UIN Online – Stan UIN Jakarta pada Pameran Pendidikan dan Pelatihan (Education dan Training Expo) ke-25 yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Selatan, pada hari pertama pembukaan, Rabu (27/1), mendapat antusias dari pengunjung. Ratusan bahkan ribuan pelajar dari berbagai wilayah di Jabodetabek memenuhi stan tersebut.

Para pelajar dari SMA/SMK/MA, baik negeri maupun swasta, itu terlihat penasaran. Mereka selain ingin mendapatkan informasi mengenai jadwal penerimaan calon mahasiswa baru, juga tak sedikit menanyakan informasi program studi, biaya perkuliahan dan beasiswa, serta lokasi kampus.

Evi Nurkristanti, pelajar dari SMAN 101, Joglo, Jakarta Barat, menyatakan, dirinya tertarik dengan UIN Jakarta karena merupakan satu-satunya universitas Islam di Jakarta yang berstatus negeri. “Saya sebelumnya sudah tahu ada UIN di Jakarta dari teman. Namun, baru kali ini saya bisa berkonsultasi langsung dan menanyakan tentang sistem perkuliahan di UIN Jakarta,” katanya.

Evi mengaku berencana ingin masuk UIN Jakarta selepas dari sekolahnya. Apalagi jarak kampus UIN Jakarta tak terlalu jauh dari tempat tinggalnya kini. “Saya tertarik memilih Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan,” tambah dia.

Pelajar lainnya, Andita Mutia, dari MAN 3 Jakarta, juga memiliki niat yang sama. Dia ingin masuk UIN Jakarta selepas lulus sekolah. Pelajar Jurusan IPA tersebut memilih UIN Jakarta karena tertarik dengan pendidikan keagamaan serta sama-sama masih berada di bawah Kementerian Agama. “Saya ingin jadi guru agama Islam,” tuturnya polos.

Stan UIN Jakarta pada pameran yang diikuti sekitar 125 peserta tersebut memberikan berbagai informasi mengenai sistem perkuliahan dan agenda akademik lain. Informasi di antaranya jadual dan proses penerimaan calon mahasiswa baru serta fakultas dan program studi yang ditawarkan.

Menurut Kepala Sub Bagian Publikasi dan Dokumentasi, Feni Arfiani, MH, penerimaan calon mahasiswa baru UIN UIN Jakarta akademik 2016/2017 dibuka melalui lima jalur, baik jalur prestasi maupun ujian tulis. Kelima jalur itu adalah Penelusuran Prestasi Akademik (PPA) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) Nasional, Ujian Tulis PTKIN Nasional, PPA Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Ujian Tulis SNMPTN, dan Ujian Mandiri. (ns)