SPAN-UM PTKIN 2016 Resmi Diluncurkan

Jakarta, BERITA UIN Online— Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) membuka dua jalur seleksi masuk ke 55 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) se-Indonesia. Demikian disampaikan Kepala Sub Bagian Publikasi dan Dokumentasi UIN Jakarta Feni Arifiani, MH, saat ditemui tim BERITA UIN Online di ruang Pusat Layanan Informasi, Rabu (10/02).

“Kedua jalur masuk PTKIN 2016 itu adalah, Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN) dan Ujian Masuk (UM). Pendaftaran SPAN PTKIN akan dibuka tanggal 9 Maret sampai 30 April, sedangkan UM-PTKIN mulai tanggal 1 Mei sampai dengan 3 Juni 2016,” tambahnya.

Ditempat terpisah, Ketua Pelaksana SPAN-UM PTKIN Prof Abd A’la M.Ag mengatakan, “Sejak dibukanya kedua jalur seleksi tersebut tiap tahun selalu mengalami peningkatan. Tahun ini target pendaftar SPAN 150 ribu, dan untuk UM ditargetkan 100 ribu,” tutur pria yang juga menjabat sebagai Rektor UIN Sunan Ampel Surabaya tersebut.

Ditambahkannya, bahwa tahun ini panitia telah melakukan berbagai penyempurnaan dalam rangka menunjang proses seleksi yang lebih baik dari sebelumnya. Selain juga kuota penerimaan mahasiswa di PTKIN ditingkatkan. “Siswa, baik yang menggunakan Kurikulum KTSP maupun Kurikulum 2013, mampu mengikuti seleksi ini. Penilaiannya juga sebelumnya tiga sistem, sekarang lima sistem,” terangnya. (LRF)