Siswa MAN 1 Metro Lampung Kunjungi UIN Jakarta

340 siswa-siswi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Metro, Provinsi Lampung, melakukan kunjungan akademik UIN Jakarta, Jumat (5/5/2017). Kunjungan akademik dipimpin langsung Kepala Madrasah Antoni Iswantoro M.Ed didampingi para guru dan staf madrasah.

340 siswa-siswi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Metro, Provinsi Lampung, melakukan kunjungan akademik UIN Jakarta, Jumat (5/5/2017). Kunjungan akademik dipimpin langsung Kepala Madrasah Antoni Iswantoro M.Ed didampingi para guru dan staf madrasah (Foto: Hermanuddin)

Auditorium Utama, Berita UIN Online— 340 siswa-siswi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Metro, Provinsi Lampung, melakukan kunjungan akademik UIN Jakarta, Jumat (5/5/2017). Kunjungan akademik dipimpin langsung Kepala Madrasah Antoni Iswantoro M.Ed didampingi para guru dan staf madrasah. Kunjungan sendiri diterima langsung Kepala Biro Administrasi Akademik, Kemahasiswaan, dan Kerjasama (AAKK) Drs H Zaenal Arifin M.Ed dan Kepala Bagian Akademi Ir Hj Yarsi Berlianti M.Si.

Dalam sambutannya, Antoni mengungkapkan, program kunjungan akademik yang diikuti siswa-siswi kelas X dan XI dilakukan untuk mengenalkan pendidikan tinggi kepada mereka. “Melalui ini, kami mengenalkan perguruan tinggi-perguruan tinggi ke mereka, mulai dari lokasinya, fakultas, jurusan, hingga aktifitas akademiknya. Harapan kami, jauh-jauh hari mereka sudah tahu kampus mana yang akan dituju,” paparnya.

Dalam kesempatan yang sama, Antoni juga berharap UIN Jakarta bisa memprioritaskan penerimaan masuk mahasiswa asal MAN 1 Metro. Iklim akademik dan pilihan program studi seperti Prodi Pendidikan Dokter, Prodi Kesehatan Masyarakat, Prodi Akuntansi, dan Prodi Agribisnis yang ditawarkan UIN Jakarta merupakan prodi yang lulusannya amat diharapkan bisa mengakselerasi pengembangan sosial ekonomi masyarakat Lampung.

“Besarnya kebutuhan SDM memadai dan andal secara keilmuan dan profesionalitas di bidangnya adalah harapan besar yang masih harus dipenuhi masyarakat kami di Lampung. Karenanya, besar harapan kami, UIN Jakarta bisa memprioritaskan masuk siswa-siswi madrasah kami,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Biro AAKK mengatakan, UIN Jakarta terbuka bagi siswa-siswi asal sekolah dan daerah mana pun untuk belajar di kampus ini. Syaratnya, para siswa bisa lolos seleksi masuk sebagai indikator kemampuan mereka mengikuti perkuliahan di UIN Jakarta. “Bahkan UIN Jakarta bisa memberikan beasiswa bagi mahasiswa yang berprestasi, akademik dan non akademik,” katanya. (Farah/yuni nurkamaliah/zm)