Siapkan Akreditasi AUN-QA, LPM Jaring Masukan Alumni dan User

UIN Jakarta mengagendakan akreditasi AUN-QA untuk tiga prodi dan satu fakultas di lingkungan UIN Jakarta, yakni Prodi Pendidikan Agama Islam, Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam, Prodik Sejarah Kebudayaan Islam, dan Fakultas Dirasat Islamiyah pada 5-7 April 2016.  Untuk itu, Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) UIN Jakarta menggelar gala dinner dengan alumni dan pengguna lulusan (user), Kamis (03/03), guna mendapatkan masukan bagi proses akreditasi.

UIN Jakarta mengagendakan akreditasi AUN-QA untuk tiga prodi dan satu fakultas di lingkungan UIN Jakarta, yakni Prodi Pendidikan Agama Islam, Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam, Prodik Sejarah Kebudayaan Islam, dan Fakultas Dirasat Islamiyah pada 5-7 April 2016. Untuk itu, Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) UIN Jakarta menggelar gala dinner dengan alumni dan pengguna lulusan (user), Kamis (03/03), guna mendapatkan masukan bagi proses akreditasi.

Auditorium Harun Nasution UIN Jakarta, BERITA UIN Online— Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) UIN Jakarta menggelar gala dinner dengan alumni dan pengguna lulusan (user) dengan tema Menyongsong The 60th AUN Actual Quality Assessment at Programme Level di Auditorium Utama Harun Nasution, Kamis (03/03). Kegiatan dilaksanakan dalam rangka akreditasi AUN-QA untuk Prodi Pendidikan Agama Islam, Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam, Prodik Sejarah Kebudayaan Islam, dan Fakultas Dirasat Islamiyah pada 5-7 April mendatang.

Kepala LPM Dr. Sururin MA mengatakan, kegiatan gala dinner diharap menjaring masukan dari para alumni maupun pasar pengguna alumni UIN Jakarta sehingga proses akreditasi keempat prodi bisa berjalan lancar. “Kegiatan ini dilakukan sebagai persiapan dan sosialisasi akan dilakukan visitasi oleh AUN-QA kepada empat prodi yang terpilih” ujarnya.

Ditambahkan Sururin, proses akreditasi AUN-QA pada ketiga prodi dan satu fakultas April mendatang merupakan tahap awal yang dilakukan UIN Jakarta dalam mempersiapkan prodi dan alumni yang bisa diterima di kawasan regional Asia Tenggara. Ke depan, lanjutnya, UIN Jakarta akan berusaha mendapatkan akreditasi yang sama bagi prodi dan fakultas-fakultas lain di lingkungan UIN Jakarta.

Kepada BERITA UIN Online, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Prof. Dr. Yusron Razak, MA mengungkapkan, visitasi AUN-QA merupakan bagian dari langkah untuk mencapai international recognize UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dalam menuju World Class University (WCU). “Penilaian AUN-QA terhadap empat prodi terpilih di UIN Jakarta merupakan sebuah tahapan menuju tingkat regional (ASEAN) dan selanjutnya ke jenjang tingkat global (Internasional). Saya harap semuanya berjalan dengan lancar” tuturnya.

Sementara menurut Wakil Rektor Bidang Akademik, Dr. Fadhilah Suralaga, M.Si., proses akreditasi keempat prodi terus dilakukan sejak beberapa waktu terakhir. Untuk itu, ia berharap proses akreditasi bisa berjalan lancar.

Selain para alumni dan user, kegiatan gala dinner dihadiri sejumlah dekan dan kaprodi di lingkungan UIN Jakarta. Diantaranya, Dekan FIDKOM Dr. Arief Subhan MA, Dekan FAH Prof. Dr. Sukron Kamil MA, Dekan FDI Dr. Hamka Hasan Lc., MA, para Wakil Dekan, dan Ketua Prodi BPI, SKI, DI, dan PAI. (NJS)