Seri Buku Ajar: Psikologi Faal; Pendekatan Neurosains, Agama dan Aplikasi Klinis

Seri Buku Ajar: Psikologi Faal

Seri Buku Ajar: Psikologi Faal

Judul               : Psikologi Faal; Pendekatan Neurosains, Agama dan Aplikasi Klinis

Penulis            : Dr. Isa Multazaam Noor MSc SpKJ (K)

                         Dr. Ratna Mardiati, SpKJ (K)

                         Dra. Luh Putu Suta Haryanthi, M.Psi

Penerbit          : UIN Jakarta Press

Tahun Terbit   : cet. 1, Desember2015

Halaman         : X+405 Halaman

Dalam mengkaji pemahaman konsep manusia sebagai makhluk yang sempurna diperlukan berbebagai disiplin ilmu sebagai aspek multi dimensi yang mendukung pemahaman itu. Salah satu keilmuan yang membahas tentang manusia beserta fungsi-fungsinya secara biologis adalah Psikologi Faal. Dalam Kajian psikologi faal melibatkan interaksi jiwa, tubuh, dan lingkungan. Proses pengolahan informasi dalam tubuh khususnya otak dan sistem saraf menjadi kekhasan kajian psikologi faal.

Banyak hal yang dapat dijelaskan oleh psikologi faal dalam memahami perilaku manusia, misalnya kesadaran manusia dan dasar biologi perilaku. Kesadaran merupakan fungsi fisiologis sehingga manusia dapat memberitahukan mengenai pikiran, persepsi, ingatan, dan perasaanya dalam proses kesadaran dan biologi perilaku seseorang digambarkan sebagai suatu proses menerima dan berkirim pesan yang terjadi di dalam otak melalui perantara sel saraf (neuron) yang saling berkomunikasi dan tersambung di dalam sistem saraf.

Pembahasan psikologi faal dipelajari secara formal oleh ilmuan psikologi karena dapat menjadi sumber untuk memahami perilaku manusia. Kebutuhan mempelajari psikologi faal khususnya di indonesia nampaknya tidak disertai sumber referensi yang memadai, hal itu diketahui karena masih banyaknya ilmuan psikologi yang mengeluhkan kesulitan dalam mencari sumber yang mengkaji lebih dalam mengenai psikologi faal.

Maka atas dasar fenomena tersebut hadirlah  buku Psikologi Faal: pendekatan neurosains, Agama dan Aplikasi Klinis  yang prakarsai oleh Dr. Isa Multazaam Noor MSc SpKJ (K), Dr. Ratna Mardiati, SpKJ (K) dan Dra Luh Putu Suta Haryanti, M.Psi. Buku pembelajaran psikologi faal yang menjelaskan psikologi faal secara komprehensif dan aplikatif terdiri dari 27 bab diantaranya Bab I , Bab II, Bab II, Bab IV . Perpaduan pendekatan yang dituangkan dalam buku ini menjadi keunggulan di bandingkan dengan buku ajar keilmuan faal lokal atau terbitan luar negeri di Indonesia lainnya, karena memadukan antara konsep psikologi terapan,klinis, muatan lokal yang jenius yaitu nilai-nilai keislaman, dan pendekatan terkini akan neurosains dan biologi mokuler. (njs-rdr)