Seri Buku Ajar: Kajian Semantik Arab Klasik dan Kontemporer

kajian samantik arabJudul               : Kajian Semantik Arab Klasik dan Kontemporer

Penulis             : Prof. Dr. Moh. Matsna, MA

Penerbit           : Kencana Prenada Media

Terbit               : Agustus 2016

Tebal               : 257 Halaman

Ukuran            : 15 x 23

ISBN               : 9786020895574

Semantik merupakan salah satu bagian dari tiga tataran bahasa yang meliputi fonologi, tata bahasa (morfologi-sintaksis), dan semantik. Semantik diartikan sebagai ilmu bahasa yang mempelajari makna. Jadi semantik adalah makna, membicarakan makna, bagaimana mula adanya makna sesuatu, bagaimana perkembangannya, dan mengapa terjadi perubahan makna dalam bahasa.

Buku  Kajian Semantik Arab Klasik dan Kontemporer ini tidak hanya menjadi fokus kajian para linguis, melainkan juga menjadi objek penelitian para filsuf, sastrawan, psikolog, ahli fiqh, antropolog, dan sebagainya.

Buku yang ditulis Matsna ini tidak hanya gamblang dalam kajian semantik arab klasik dan kontemporernya, tetapi tema lain juga dikuasai beliau secara mendalam. Sehingga buku karangan beliau sudah layak untuk digunakan sebagai literatur di jurusan seperti Sastra Arab atau Pendidikan Bahasa Arab.

Buku dengan tebal 257 halaman ini memiliki penamaan ilmu yang beragam, selain disebut semantik ilmu ini dinamai sematollogi, semologi, semasiologi, dirasat al-ma’na dengan mufrad, bukan dengan jamak ma’ani, karena ‘ilm al-ma’na merupakan bagian dari ‘ilm  al-balaghah, namun demikian ilmu  ini diposisikan sebagai salah satu cabang linguistik. Dikalangan sebagian ulama bahasa Arab, ilmu ini merupakan puncak studi linguistik karena melibatkan kajian fonologi, morfologi, gramatika, etimologi, dan leksikologi. (yuni)