Seri Buku Ajar: Eksipien Farmasi

Judul               : Eksipien FarmasiEksipen Farmasi

Penulis             : Ofa Suzanti Betha, M.Si, Apt

Penerbit           : UIN Jakarta Press

Terbit               : Januari 2016

Tebal               : vi+90 Halaman

 

Obat pada dasarnya tidak hanya terdiri dari satu zat aktif saja sebab obat adalah sediaan yang sangat kompleks dan membutuhkan komponen lain selain zat aktif, eksipien. Jenis obat tak hanya berbentuk tablet, namun terdapat banyak sediaan farmasi lain seperti serbuk, sirup, inhalasi, injeksi dan sebagainya sehingga zat tambahan setiap sediaan berbeda-beda karena fungsi yang tak sama.

Buku Eksipien Farmasi ditulis Ofa Suzanti Betha, M.Si, Apt, dosen Mata Kuliah Industri Farmasi pada Prodi Farmasi, FKIK UIN Jakarta. Secara teknis, buku setebal 90 halaman ini terdiri dari enam bagian. Bagian pertama berisi tentang penjelasan umum judul buku, pendahuluan, definisi, peran,uji keamanan eksipien, dan klasifikasi eksipien farmasi.

Bagian kedua, Eksipien dalam Sediaan Parenteral. Bagian ini berisi tentang definisi sediaan parenteral, rute umum sediaan parenteral, pengaruh rute injeksi terhadap pemilihan eksipien pada sediaan parenteral baik aspek farmakokinetik, pentargetan obat, biokompatibilitas dan toksisitas, jenis eksipien dalam sediaan parenteral, dan kriteria pemilihan eksipien sediaan parenteral.

Bagian ketiga, Eksipien untuk Sediaan Mengandung Protein. Menjelaskan tentang jalur degradasi protein, eksipien yang meningkatkan stabilitas fisik dan kimia protein dalam sediaan, dan eksipien untuk meningkatkan fungsi produk.

Bagian keempat, Eksipien untuk Vaksin. Bagian ini menjelaskan cara meningkatkan eksipien, jenis-jenis tambahan untuk vaksin seperti adjuvant, pengawet, garam, dan aditif lain.

Bagian kelima, Eksipien dalam Sediaan Serbuk dan Sediaan Solid. Bagian ini memuat pembahasan tentang tentang pengisi  atau pengencer, pengikat, desintegrant, Lubrikant, Glidant, dan antiadheren.

Bagian keenam, Eksipien dalam Sediaan Pulmonary. Penjelasan didalamnya yaitu tentang formulasi umum inhalasi di sediaan nebulasi, metered dose inhaler dan Dry Powder Inhaler.

Secara umum, buku ini memuat banyak informasi yang penting dipelajari mahasiswa dalam mendalami eksipien farmasi di banyak sediaan. Sebab selain dilengkapi pengertian dan teori, buku ini dilengkapi banyak contohyang memudahkan pembaca.(Ikhda K.)