Senat Dorong Alumni Beri Masukan

Prof. Dr. Suwito MA

Prof. Dr. Suwito MA

Auditorium Harun Nasution, Berita UIN Online— Senat Universitas UIN Jakarta Prof. Dr. Suwito MA berharap para wisudawan UIN Jakarta bisa memberikan masukan bagi ikhtiar UIN Jakarta menjadi universitas riset. Sebagai pihak yang belajar di dalamnya, para wisudawan cukup memiliki pemahaman tentang indikator-indikator yang perlu dilakukan UIN Jakarta dalam mencetak lulusan berkualitas.

Demikian disampaikan Guru Besar Sejarah Pemikiran dan Pendidikan Islam ini saat menyampaikan pidato senat universitas dalam Wisuda Sarjana UIN Jakarta ke-99 di Auditorium Harun Nasution, Ahad (21/02). “Setelah dilantik beberapa saat lagi, kalian resmi menjadi alumni UIN Jakarta. Kalian yang telah merasakan bagaimana belajar disini tentu boleh memberikan usulan atau masukan yang baik untuk kemajuan UIN” tambahnya.

Menurutnya, masukan wisudawan menjadi bagian yang tidak bisa diabaikan dalam ikhtiar memajukan UIN Jakarta menjadi perguruan tinggi berbasis riset (research university). Masukan mereka juga sangat dibutuhkan agar UIN Jakarta lebih siap lagi dalam mencetak lulusan yang siap berkompetisi di pasar global. “Apalagi Indonesia saat ini sudah semakin banyak didatangi masyarakat internasional yang bergerak di berbagai bidang (profesi),” tambahnya.

Masukan para wisudawan, lanjut Suwito bisa dilakukan pada target-target UIN Jakarta berupa Indikator Kinerja Utama (IKU). Beberapa diantara targetnya terkait alumni adalah memiliki kompetensi jelas, mampu berbahasa asing. Sedang terkait dosen seperti berpendidikan doctor, mampu berbahasa asing, dan melakukan penelitian. Adapun terkait fasilitas, memadainya laboratorium dan perpustakaan, administrasi berbasis online, prodi kelas internasional, dan banyaknya riset internasional. (njs)