Penerimaan Mahasiswa Baru 2017, UIN Jakarta Tawarkan 58 Prodi

Calon mahasiswa baru saat mengikuti Ujian Mandiri di Ruang Teater Fakultas Syariah dan Hukum tahun 2016 lalu. (Foto Dok FSH)

Calon mahasiswa baru saat mengikuti Ujian Mandiri di Ruang Teater Fakultas Syariah dan Hukum tahun 2016 lalu. (Foto Dok FSH)

Gedung Rektorat, BERITA UIN Online – UIN Jakarta menawarkan sedikitnya 58 program studi (prodi) dalam seleksi penerimaan calon mahasiswa baru program S1 tahun akademik 2017/2018. Seleksi dilakukan melalui enam jalur masuk, yakni SNMPTN, SBMPTN, SPAN PTKIN, UM PTKIN, Ujian Mandiri, dan jalur Program Beasiswa.

Demikian diungkapkan Kepala Sub Bagian Publikasi dan Dokumentasi Feni Arifiani MH di gedung Rektorat, Jumat (27/1/2018). “Tapi pada setiap jalur masuk tersebut tidak semua prodi ditawarkan, kecuali hanya pada jalur Ujian Mandiri,” katanya.

Menurut Feni, jalur seleksi Ujian Mandiri (UM) adalah jalur ujian yang dilaksanakan secara mandiri (lokal) oleh UIN Jakarta. Namun, proses dan mekanismenya sama dengan jalur lain, yakni menggunakan sistem online. Artinya, calon peserta dapat melakukan pendaftaran dengan terlebih dahulu mengisi biodata dan memilih prodi setelah membayar biaya pendaftaran melalui bank yang ditunjuk.

Sedangkan jalur lainnya dilakukan secara online dan bersifat nasional. Pada jalur ini, prodi-prodi yang ditawarkan ada yang merupakan prodi umum dan ada pula prodi khusus keagamaan saja. Adapun jalur beasiswa, prosesnya ada yang dilakukan secara nasional (beasiswa Kemeneterain Agama), secara regional (beasiswa kerja sama dengan pemerintah daerah), dan lokal (beasiswa UIN Jakarta).

Feni lebih lanjut mengatakan, dari 58 prodi yang ditawarkan pada penerimaan mahasiswa baru tahun ini, tiga di antaranya merupakan jalur program profesi di Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan. Ketiga program profesi tersebut adalah Profesi Dokter, Profesi Nurse, dan Profesi Apoteker.

“Program profesi ini diberikan bagi sarjana yang sudah dinyatakan lulus di ketiga prodi tersebut,” jelasnya.

Ke-58 prodi yang ditawarkan berada di 11 fakultas, yaitu Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (12 prodi), Fakultas Adab dan Humaniora (5 prodi), Fakultas Ushuluddin (5 prodi), Fakultas Syariah dan Hukum (6 prodi), Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (5 prodi), Fakultas Dirasat Islamiyah (1 prodi), Fakultas Psikologi (1 prodi), Fakultas Ekonomi dan Bisnis (5 prodi), Fakultas Sains dan Teknologi (8 prodi), Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (4 prodi, 3 program profesi), dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (3 prodi).

“Untuk prodi keagamaan, seleksi penerimaannya dibuka melalui jalur UM, jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN), UM PTKIN, dan jalur beasiswa UIN Jakarta. Sedangkan prodi umum melalui jalur UM, SNMPTN, SBMPTN, serta jalur beasiswa kerja sama kementerian agama dan pemerintah daerah,” papar Feni. (ns)