Sambut Anggota Baru, PSM Gelar TRAPARA

159

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Paduan Suara Mahasiswa (PSM) mengadakan Training Paduan Suara (TRAPARA). Kegiatan ini bertujuan untuk menyaring calon anggota baru. Acara yang sudah berjalan selama 33 hari sejak (27/02-1/04) ini, diikuti oleh 59 peserta.

Aula Madya, BERITA UIN OnlineUnit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Paduan Suara Mahasiswa (PSM) mengadakan Training Paduan Suara (TRAPARA). Kegiatan ini bertujuan untuk menyaring calon anggota baru. Acara yang sudah berjalan selama 33 hari sejak (27/02-1/04) ini, diikuti oleh 59 peserta.

Ke 59 peserta tersebut merupakan calon anggota yang telah lolos tiga tahapan seleksi. Tes tersebut meliputi, tes psikotes dan artistik mulai dari tanggal 17-30 Desember 2016, yang terselang beberapa hari. Sedang untuk tes wawancara dilaksanakan pada tanggal 8-9 Januari 2017.

Tak hanya mahasiswa UIN Jakarta, kegiatan ini juga diikuti oleh enam peserta dari UKM musik UIN Walisongo Semarang, IAIN Salatiga, dan IAIN Pekalongan.

Saat ditemui BERITA UIN, Maula Aida Anjani selaku Dewan Pengurus Harian PSM mengatakan, bahwa kegiatan ini rutin dilakukan setiap tahun. Selain itu, kegiatan ini merupakan syarat wajib bagi calon anggota baru sebelum dilantik menjadi anggota UKM PSM.

“Selama kegiatan TRAPARA, mereka diberikan materi dasar paduan suara, berupa teknik bernyanyi dan baca notasi balok. Karena, tidak semua calon anggota mempunyai basik atau pengalaman tentang paduan suara. Untuk itu, dalam kegiatan trapara ini, mereka benar-benar dikenalkan dan diajarkan segala hal terkait bernyanyi dari “A sampai Z”,” ujarnya.

Sekedar informasi, TRAPARA dilakukan dalam tiga tahap, yaitu TRAPARA in campus, on the road dan Recital. Recital merupakan acara puncak dalam bentuk konser paduan suara. Dimana, dalam konser ini dihadirkan orang tua/wali dari calon anggota baru yang resmi dilantik sebagai anggota UKM PSM.  (lrf/ Uyun)