Riset Regulasi dan Perda Bernuansa Agama Bakal Dipresentasikan

Gd. PPIM, BERITA UIN Online— Pusat Pengkajian Islam dan Masyarakat (PPIM) UIN Jakarta bakal mempresentasikan riset perkembangan mutakhir Regulasi dan Peraturan Daerah Bernuansa Keagamaan di tiga provinsi, yakni Jawa Barat, DKI Jakarta, dan Banten. Presentasi akan disampaikan dalam seminar nasional, Rabu (21/10), di Auditorium FISIP, Kampus II UIN Jakarta, Jalan Kertamukti Pisangan Barat, Ciputat.

Demikian disampaikan Direktur Eksekutif PPIM UIN Jakarta Saiful Umam Ph.D, Senin (19/10). Menurutnya, seminar nasional bertema Meninjau Ulang Regulasi dan Perda Bernuansa Agama: Peluang dan Tantangan bakal menghadirkan narasumber seperti Prof Dr. M. Ryas Rasyid (Mantan Menteri Negara Otonomi Daerah RI), Prof. Dr. Bahtiar Effendy (Guru Besar Ilmu Politik FISIP UIN Jakarta), dan Ismail Hasani, SH., MH (Direktur Riset Setara Institute). Adapun penyaji riset Ali Munhanif Ph.D (Peneliti Senior PPIM dan Pengajar Politik FISIP UIN Jakarta).

Disebutkan, riset ini dilakukan untuk menjawab sejumlah pertanyaan permasalahan penelitian seperti sejauhmana Perda memiliki pengaruh dalam penataan kehidupan dan pendidikan keagamaan di masyarakat dan apa saja faktor yang melatar belakangi munculnya Regulasi dan Perda-Perda tersebut. Permasalahan lain, siapa saja yang diuntungkan dan dirugikan perda demikian? Sejauh mana Perda itu disosialisasikan? dan, Bagaimana respon elit politik, tokoh agama, dan masyarakat?

Sementara itu, penelitian bersifat kualitatif dengan mewawancarai sejumlah tokoh, elit politik, dan pemuka agama serta stakeholders di daerah masing-masing. Sedangkan wilayah kabupaten/kota lokasi penelitian mencakup Tangerang, Serang dan Pandeglang di Banten, Bandung, Tasikmalaya, dan Sukabumi di Jawa Barat, dan seluruh kotamadya di DKI Jakarta. (ZM)