Resensi Buku: Inovasi Agribisnis

Judul               : Inovasi Agribisnis

Penulis             : Dr. Ir. Akhmad Riyadi Wastra, SIP, MM

Penerbit           : UIN Jakarta Press

Tahun Terbit    : Cet. I, Januari 2016

Halaman          : x + 316 halaman

 Inovasi Agribisnis, 2016. Dr. Ir. Akhmad Riyadi Wastra, SIP, MM.

Inovasi Agribisnis, 2016. Dr. Ir. Akhmad Riyadi Wastra, SIP, MM.

Pengaruh globalisasi yang masif menimbulkan banyak tuntutan perubahan dalam berbagai hal, tak terkecuali dalam bidang pertanian. Aspek yang berkembang luas di Indonesia yang disebut-sebut sebagai negara agraris ini, berkaitan dengan sistem produksi, distribusi, serta pengolahan hasil-hasil pertanian baik secara domestik maupun internasional. Terlebih saat ini telah dibuka hubungan bilateral juga multilateral perdagangan antar negara termasuk dengan Indonesia.

Salah satu hal yang mendapat perhatian adalah inovasi dalam bidang agribisnis, sebagaimana disebutkan dalam pendahuluan buku ini, adalah untuk merespon kebutuhan masyarakat dan dinamika pasar. Selain itu, juga untuk mewujudkan kedaulatan pangan yang menjadi cita-cita bangsa dan visi pemerintah.

Buku ajar untuk program studi Agribisnis ini ditulis oleh seorang pakar yang sudah lama bergelut dalam praksis di lapangan termasuk di Kementerian Pertanian, dan dalam empat belas bab buku ini Dr. Ir. Akhmad Riyadi Wastra, SIP, MM meramu pelbagai teori tentang inovasi dan inovasi bidang agribisnis khususnya, dengan pelbagai realita dan contoh kasus yang terjadi. Disebutkan pula, kunci dari usaha agribisnis dalam inovasi adalah kemampuan kreatif dan daya pikir untuk melakukan pelbagai terobosan.

Terdiri dari empat belas bab, buku ini mencakup beberapa pembahasan terkait inovasi bidang agribisnis: tuntutan industri agribisnis dan ketahanan pangan; inovasi; manajemen inovasi; inovasi manajemen; inovasi produk; inovasi jasa; inovasi teknologi; inovasi proses (reengineering); inovasi pemasaran; inovasi hijau; budaya dan adopsi inovasi; serta keterkaitan antara inovasi dan daya saing. Buku ini dapat menjadi rujukan mahasiswa agribisnis dalam tataran kuliah inovasi pertanian, serta bisa menjadi referensi tersendiri bagi masyarakat umum terkait inovasi, masalah proses dan keberterimaan hasil produksi di masyarakat. (Iqbal Syauqi/ZM)