Rektor: Sistem Demokrasi di Indonesia Semakin Dewasa

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone
159

Rektor UIN Jakarta Prof Dr Dede Rosyada MA, saat memberikan pernyataan pada konferensi pers, Selasa (14/02), bertempat di ruang Uni Club, Auditorium Harun Nasution, Kampus I UIN Jakarta.

Uni Club, BERITA UIN Online—Masyarakat dan sistem demokrasi di Indonesia semakin dewasa. Hal ini, dibuktikan dengan partisipasi politik masyarakat dalam Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah), untuk memberikan suaranya kepada Paslon (Pasangan Calon). Terbukti, sejauh ini, pemilihan kepala daerah yang telah lalu berjalan dengan aman, jujur, dan adil.

Demikian diungkapkan Rektor UIN Jakarta Prof Dr Dede Rosyada MA, saat memberikan pernyataan pada konferensi pers, Selasa (14/02), bertempat di ruang Uni Club, Auditorium Harun Nasution, Kampus I UIN Jakarta.

Masih menurutnya, UIN Jakarta sebagai kampus yang mengusung prinsip moderat, toleran, pluralis, dan harmonis serta bagian dari masyarakat, memiliki kewajiban untuk bersama-sama menjaga ketertiban dan kelancaran jalannya pilkada.

“Mari kita penuhi hak kita sebagai warga Negara Indonesia untuk memberikan suara kita kepada paslon yang sesuai dengan hati nurani,” tandas rektor.

Ditambahkannya, sebagai warga negara yang baik serta mengusung tinggi demokrasi dan perdamaian, hendaknya hal-hal yang dapat menodai dan menggangu ketertiban jalannya Pilkada dapat dihindari.

“Mari bersama jaga kemurnian dan ketertiban Pilkada yang akan dilaksanakan secara serentak di beberapa daerah esok hari. Hindari, Money politic (politik uang), suap, dan tindakan negatif lainnya. Karena, esok hari akan menentukan siapa dan bagaimana pemimpin kita lima tahun mendatang,” harap Guru Besar Metodologi Penelitian Pendidikan tersebut.

Di tempat sama, turut hadir mendampingi rektor, para Wakil Rektor, para Kepala Lembaga, dan segenap insan jurnalis dari beberapa media yang hadir memenuhi undangan.

Sebagai catatan, dalam rangka memberikan kesempatan kepada seluruh sivitas akademika UIN Jakarta, untuk memberikan hak suaranya pada Pilkada, Rabu (15/02), maka melalui Surat Edaran Rektor, nomor: UN.01/R/HK.00.5/548/2017, tentang anjuran kepada seluruh sivitas akademika UIN Jakarta yang memiliki hak suara (DPT), untuk memberikan hak suaranya pada Pilkada yang akan berlangsung esok. Maka dari itu, seluruh aktivitas di kampus UIN Jakarta esok hari diliburkan. (lrf)