Rektor Sambut Tim Penilai AUN-QA di UIN Jakarta

Rektor UIN Jakarta Prof Dr Dede Rosyada MA menyambut tim assesor dari ASEAN University Network-Quality Assurance (AUN-QA), Selasa (05/04) di gedung Auditorium Harun Nasution.

Rektor UIN Jakarta Prof Dr Dede Rosyada MA menyambut tim assesor dari ASEAN University Network-Quality Assurance (AUN-QA), Selasa (05/04) di gedung Auditorium Harun Nasution.

Auditorium Harun Nasution, BERITA UIN Online— Rektor UIN Jakarta Prof Dr Dede Rosyada MA menyambut tim assesor dari ASEAN University Network-Quality Assurance (AUN-QA), Selasa (05/04) di gedung Auditorium Harun Nasution. Empat program studi yang akan dinilai yaitu, Pendidikan Agama Islam (FITK), Bimbingan dan Penyuluhan Islam (FIDKOM), Sejarah Kebudayaan Islam (FAH), dan Dirasat Islamiyah (FDI).

“Selamat datang kami sampaikan kepada tim assesor AUN-QA di kampus UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Kampus ini merupakan perguruan tinggi Islam terbesar dan tertua di Indonesia dan Asia Tenggara,” ujar Rektor.

Ditambahkan rektor, proses visitasi dari lembaga assessment regional ini dilaksanakan dalam rangka mendapatkan pengakuan assessment standar AUN-QA, dan UIN Jakarta tergabung bersama 32 universitas dari 10 negara di Asia Tenggara.

“Saya berharap proses penilaian dari AUN-QA ini berjalan lancar dan semua prodi yang dinilai mendapatkan reconized dari AUN, sehingga para alumninya nanti dapat bersaing di pasar ASEAN,” harap rektor.

Pembukaan serta presentasi dilakukan setelah sambutan rektor dengan menampilkan video profil UIN Jakarta. Hadir dalam kesempatan tersebut ketua Senat UIN Jakarta, Prof Dr HM Atho Mudzhar MA, para Wakil Rektor, para Dekan, Kepala Program Studi, dan segenap sivitas akademik UIN Jakarta.

Deputi AUN Dr Choltis Dhirathiti mengatakan, AUN-QA merupakan sebuah assessment dan bukan akreditasi. Akreditasi sendiri merupakan bagian dari QA. Penilaian dilakukan secara mandiri (self assessment) dengan melakukan penulisan SAR (Self-Assesment Report). Penulisan SAR ini merupakan proses penjaminan mutu internal sebuah program studi atau institusi yang selanjutnya diikuti dengan konfirmasi kelengkapan dokumen dan menentukan Action For Improvement terhadap hasil SAR.

Setelah itu, dilakukan visitasi ke program studi yang akan diAssesment oleh tim Reviewer untuk memberikan masukan terhadap self assessment yang telah dilakukan dan diperoleh rekomendasi untuk perbaikan di masa datang.

Kedatangan tim AUN-QA ini sekaligus mendukung tahapan kesiapan UIN Jakarta dalam rangka menjadi kampus yang berstandar Internasional atau World Class University (WCU) di masa yang akan datang. (NJS/LRF)