Rektor: Pusat Karir Harus Mampu Menyediakan Pasar Kerja Bagi Lulusan UIN Jakarta

159

Rektor Prof Dr Dede Rosyada MA melaunching website Pusat Karir (Career Center) UIN Jakarta. Acara yang juga dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Kerjasama Prof Dr Murodi MA tersebut, dilaksanakan pada, Selasa (11/04), bertempat di Ruang Sidang Utama (RSU) Gedung Rektorat lantai II.

RSU, BERITA UIN Online—Rektor Prof Dr Dede Rosyada MA melaunching website Pusat Karir (Career Center) UIN Jakarta. Acara yang juga dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Kerjasama Prof Dr Murodi MA tersebut, dilaksanakan pada, Selasa (11/04), bertempat di Ruang Sidang Utama (RSU) Gedung Rektorat lantai II.

Dalam sambutannya, rektor mengapresiasi kegiatan tersebut, sekaligus menjadi titik awal mulai beroperasionalnya website Pusat Karir UIN Jakarta. “Semoga website ini mampu memberikan informasi yang akurat dan actual mengenai segala hal yang dibutuhkan mahasiswa atau lulusan UIN Jakarta,” ujar rektor.

Ditambahkannya, Pusat Karir ini diharapkan nantinya akan masuk pada Organisasi dan Tata Kerja (Ortaker) UIN Jakarta, sehingga mampu berkolaborasi atau berada di bawah payung Pusat Bisnis.

“Akan lebih baik lagi, jika Pusat Karir ini nantinya dimasukkan dalam Ortaker UIN Jakarta. Melihat, bahwa kehidaran pusat karir ke depan memiliki fungsi yang cukup vital sebagai wadah bagi para alumni, terutama mereka lulusan prodi yang non linieritas,” jelasnya.

Dengan demikian, masih kata rektor, alumni UIN Jakarta yang belum memiliki market di dunia kerja, yang saat ini sekitar 40 persen jumlahnya, mampu mendapatkan pangsanya di dunia kerja sesuai dengan keahlian dan keterampilan yang dimiliki.

“UIN Jakarta berusaha untuk tidak menelantarkan para alumninya. Hal ini dilakukan dengan memberikan pelatihan dan bimbingan bagi calon alumni, untuk mengasah keterampilan dan keahlian mereka. Selain itu, akan diberikan Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) bagi para alumni, terutama bagi mereka yang tidak memiliki market di dunia kerja,” papar Guru Besar Metodologi Penelitian UIN Jakarta tersebut.

Senada dengan rektor, Wakil Rektor Bidang Kerjasama  Prof Dr Murodi juga memberikan apresiasi atas terobosan yang dilakukan Pusat Karir UIN Jakarta. Dirinya berharap, dengan adanya sistem yang dinamis seperti itu, mampu menunjang dan mendorong kemajuan UIN Jakarta dalam berbagai bidang.

Dari pantauan BERITA UIN di lokasi, selain wakil rektor, hadir pula pada launching website http://karir.uinjkt.ac.id tersebut, para dekan, wakil dekan dan beberapa kepala lembaga yang ada di lingkungan UIN Jakarta. Selain itu, turut hadir tamu undangan dari Universitas Gajah Mada (UGM), dan Institut Pertanian Bogor (IPB). Kehadiran utusan kedua lembaga tersebut dalam rangka melakukan sharing mengenai hal-hal yang menunjang kinerja Pusat Karir UIN Jakarta. (lrf/usa)