Rektor: Lulusan UIN Jakarta Harus Jadi Profesional Santri

Audiroium Harun NasutionBERITA UIN Online – Rektor Prof Dr Dede Rosyada berharap sarjana UIN Jakarta dapat menjadi profesional santri dan santri profesional. Hal itu untuk menunjukkan bahwa mahasiswa dan lulusan UIN Jakarta memiliki integritas serta selalu amanah dalam menjalankan tugasnya di berbagai lapangan profesi.

“Saat seorang santri menjadi birokrat, dia akan menjadi birokrat yang melayani publik dengan baik, berkarya dengan professional, penuh integritas, disiplin, jujur, dan mengindari godaan korupsi,” kata Rektor saat melantik 565 sarjana baru pada Wisuda Sarjana ke-68 di hari pertama di Auditorium Harun Nasution, Sabtu (28/11). Profesional santri bagi para sarjana, kata dia, sangat dimungkinkan karena mereka memaknai profesinya sebagai amanah Allah SWT.

“Menjaga dan melaksanakan amanah merupakan ibadah kepada-Nya,” imbuhnya.

Pada Wisuda Sarjana bertema “Penguatan Kompetensi dan Tradisi Intelektual Santri” tersebut, Rektor juga menandaskan bahwa profil mahasiswa-sarjana yang santri yang professional selain memiliki wawasan dan pengetahuan akademik sebagai bekal profesionalitas bekerja, mereka juga memiliki spirit penghambaan terhadap Allah SWT. Karena itu, saat para sarjana tersebut terjun ke dunia profesi yang dibarengi pemaknaan nilai-nilai keislaman, akan berpengaruh terhadap cara pandang dan perilaku mereka sehari-hari.

“Kami kira, profil sarjana yang profesional, yang santri seperti inilah yang dibutuhkan oleh umat dan bangsa, kini dan mendatang,” jelasnya. (NS)