Rektor : Jumlah Mahasiswa Asing di UIN Jakarta Terus Meningkat

Auditorium Utama, BERITA UIN Online— Jumlah mahasiswa asing yang memutuskan untuk belajar di UIN Jakarta terus bertambah banyak setiap tahunnya. Ketertarikan mereka tidak hanya di jenjang sarjana, mereka juga tertarik untuk menempuh jenjang pendidikannya di program magister dan doktor.

Demikian disampaikan rektor UIN Jakarta, Prof Dr Dede Rosyada MA saat menyampaikan sambutannya dalam acara wisuda ke-100 S1, S2, dan S3 pada hari sabtu (21/05) bertempat di Auditorium Utama Harun Nasution.

“Pengembangan tradisi keilmuan di UIN Jakarta yang menampilkan ajaran Islam yang damai, moderat, toleran dan menghormati hak asasi manusia menjadi daya tarik mahasiswa asing untuk melanjutkan studi dan belajar disini,” ujarnya.

Rektor menambahkan, mahasiswa asing ini tidak hanya meminati fakultas-fakultas keislaman, tetapi mereka juga meminati belajar di fakultas-fakultas berbasiskan sains dan ilmu pengetahuan. “Kita akan terus berusaha keras menjadikan UIN Jakarta sebagai perguruan tinggi yang menjadi sasaran belajar mahasiswa asing, karena untuk menjadi salah satu kampus yang World Class University (WCU) minimal ada 500 mahasiswa asing belajar disini,”

Menurut data yang diperoleh tim BERITA UIN Online dari Pusat Layanan Kerjasama Internasional (PLKI), akhir tahun 2014 tercatat 70 mahasiswa asing belajar di UIN Jakarta. Pada tahun 2015, jumlahnya meningkat menjadi 173 orang. Data per 17 mei 2016 mencatat, 58 mahasiswa asing telah diterima masuk kuliah, sehingga total mahasiswa asing di UIN Jakarta mencapai angka 237 orang mahasiswa.

“Mereka berasal dari sekitar 26 negara, baik dari kawasan Afrika, Eropa, Amerika, bahkan Australia,” ujar Rachmat Baihaky, MA selaku Ketua Pusat Layanan Kerjasama Internasional (PLKI) UIN Jakarta. (NJS)