Rektor Berharap Tanah ISCI Diserahkan ke UIN Jakarta

 

Sebuah kawasan pusat olahraga International Sport Club of Indonesia (ISCI) yang terletak di Jalan Kertamukti, Ciputat Timur. Lahan seluas sekitar 1 hektar tersebut saat ini sedang dinegosiasikan untuk dimanfaatkan UIN Jakarta guna memperluas kampus demi kepentingan pendidikan.

Sebuah kawasan pusat olahraga International Sport Club of Indonesia (ISCI) yang terletak di Jalan Kertamukti, Ciputat Timur. Lahan seluas sekitar 1 hektar tersebut saat ini sedang dinegosiasikan untuk dimanfaatkan UIN Jakarta guna memperluas kampus demi kepentingan pendidikan (Foto Dok. ISCI)

Auditorium, BERITA UIN Online – Guna mengembangkan dan memperluas kampus UIN Jakarta, Rektor Prof Dr Dede Rosyada saat ini sedang bernegosiasi dengan Pemerintah Kota Tangerang Selatan, Banten, terkait lahan milik pusat olahraga International Sport Club of Indonesia (ISCI) yang terletak di Jalan Kertamukti, Ciputat Timur. Menurut Rektor, jika tanah tersebut diserahkan kelak akan dibangun kampus UIN Jakarta yang baru.

Pernyataan Rektor UIN Jakarta itu terungkap saat dirinya memberikan sambutan pada acara Halal bi Halal bersama keluarga besar UIN Jakarta di Auditorium Harun Nasution, Jumat (15/7). “Tanah itu kini masih milik ISCI yang sahamnya kini sudah tidak lagi banyak dimiliki orang asing. Jadi, saya sangat setuju jika kemudian lahan tersebut diberikan kepada UIN Jakarta untuk kepentingan pendidikan,” kata Rektor.

Menurut Rektor, UIN Jakarta saat ini sedang kesulitan lahan untuk membangun dan mengembangkan kampus. Lahan-lahan yang ada tidak memadai lagi mengingat sudah padat dengan penduduk. Harapan satu-satunya adalah dengan memanfaatkan lahan yang saat ini masih dikuasai ISCI yang terletak persis di samping kampus Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP).

“UIN Jakarta sebenarnya ingin lebih banyak menerima mahasiswa baru. Namun, karena terkendala oleh lahan, terpaksa tiap tahun hanya bisa menerima sekitar 5.000 mahasiswa,” jelasnya.

Untuk pengambilan lahan tersebut, kata Rektor, pihaknya mengaku sudah menyampaikannya ke Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany. Meski demikian, walikota sendiri masih harus membicarakan lebih lanjut dengan pihak ISCI dan DPRD Tangsel.

“Saya sudah sampaikan (ke Walikota Tangsel) dan mudah-mudahan ada jalan keluar sehingga kita bisa memperluas kampus UIN Jakarta,” katanya.

ISCI merupakan sarana olaraga yang diperuntukkan bagi masyarakat asing dan Indonesia. Kawasan dengan luas lahan sekitar 1 hektar tersebut terletak di Jalan Kertamukti, di samping kampus FISIP dan bersebelahan dengan Danau Situ Gintung. Selain sebagai sarana olahraga pribadi, keluarga, dan organisasi, di kawasan itu juga terdapat kolam renang, restoran dan taman untuk bermain. (ns)