Rangkaian Pendaftaran SNMPTN 2017 Telah Dimulai

Rangkaian proses Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2017 telah dimulai sejak, Sabtu (14/01).

Rangkaian proses Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2017 telah dimulai sejak, Sabtu (14/01).

Gd. Rektorat, Berita UIN Online Rangkaian proses Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2017 telah dimulai sejak, Sabtu (14/01). Rangkaian tersebut berupa pengisian Pangkalan Data Siswa dan Sekolah (PDSS), verifikasi PDSS, pendaftaran SNMPTN, pencetakan kartu tanda peserta SNMPTN, proses seleksi dan terakhir pengumuman hasil seleksi.

SNMPTN merupakan pola seleksi nasional berdasarkan prestasi akademik, yaitu menggunakan nilai rapor serta prestasi lainnya, disesuaikan dengan nilai akreditasi sekolah tersebut, dan dibawah pengawasan panitia pusat.

Demikian disampaikan Kepala Sub Bagian Dokumentasi dan Publikasi (Dokpub) UIN Jakarta Feni Arifiani MH, kepada BERITA UIN di ruang kerjanya, Rabu (25/01).

Ditambahkannya, setiap sekolah tingkat menengah atas (SMA/MA/SMK) negeri maupun swasta, berhak mendaftarkan siswanya untuk mengikuti SNMPTN dengan syarat, sekolah memiliki identitas Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan mengisikan data prestasi siswa di Pangkalan Data Sekola dan Siswa (PDSS), melalui laman http://pdss.snmptn.ac.id.

“Syarat bagi siswa yang berminat mengikuti seleksi SNMPTN diantaranya, unggul dan memperoleh peringkat terbaik di sekolah dibuktikan dengan nilai rapor sejak semester satu sampai lima (masa belajar tiga tahun). Sedangkan bagi SMK yang masa belajarnya empat tahun dihitung mulai semester satu sampai tujuh,” tambah Feni.

Selanjutnya, siswa pendaftar memiliki nilai prosentase pada akreditasi A, 50 persen terbaik disekolahnya, akreditasi B, 30 persen terbaik disekolahnya, akreditasi C, 10 persen terbaik disekolahnya dan sekolah yang belum terakreditasi sebanyak 5 persen.

Dari buku panduan SNMPTN yang diterima BERITA UIN tercatat,  bahwa jadwal rangkaian SNMPTN 2017 dimulai dengan pengisian dan verifikasi PDSS 14 Jan-12 Feb, pendaftaran SNMPTN 21 Feb-6 Mar, pencetakan kartu tanda peserta SNMPTN 14 Mar-14 Apr, proses seleksi 15 Mar-15 April, sedangkan pengumuman hasil seleksi pada tanggal 26 April 2017.

Apabila siswa tersebut dinyatakan lulus seleksi SNMPTN, maka selanjutnya proses verifikasi atau pendaftaran ulang di PTN masing-masing pada tanggal 16 Mei 2017, bersamaan dengan tes ujian tertulis SBMPTN 2017.

Informasi lebih lengkap mengenai ketentuan pengisian dan verifikasi PDSS, pendaftaran, nama program studi, dan daya tampung PTN, dapat mengunjungi laman http://www.snmptn.ac.id. atau http://halo.snmptn.ac.id, bisa juga dengan mengunjungi website resmi UIN Jakarta di laman www.uinjkt.ac.id. (lrf)