Ramaikan Milad, UIN Jakarta Gelar Puluhan Acara

Gd. Rektorat, BERITA UIN Online11 jenis kegiatan dan 53 rangkaian acara meramaikan milad ke-59 ADIA-IAIN-UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Rangkaian kegiatan dijadwalkan selama satu bulan mulai tanggal 29 april sampai dengan 1 juni 2016 ini digelar di lingkungan kampus UIN Jakarta, jalan Ir. H. Juanda no. 95 Ciputat Kota Tangerang Selatan.

Mengawali rangkaian kegiatan milad ke-59 UIN Jakarta, yaitu dengan pembukaan milad 59 tahun UIN Jakarta dengan tema Goes To International Recognition, gala dinner rektor dan insan pers alumni UIN Jakarta, rapat senat universitas, wisuda sarjana ke-100, jalan santai dan beberapa kegiatan lainnya.

Jenis kegiatan kedua yaitu, jejak titi mangsa 59 tahun UIN Jakarta yang meliputi acara seminar Islamic Education Effect for Social Living and Student Entrepreneur, hikmah isra mi’raj: khidmat UIN Jakarta menuju universitas dunia, jalan terang menuju universitas riset, pameran foto, lomba cerpen, lomba riset mahasiswa, expo buku karya sivitas akademika UIN Jakarta, bakti sosial, dan ziarah makam.

Ketiga, panggung kreasi dan apresiasi yang meliputi acara musik akustik, teater monolog, stand up comedy, pembacaan puisi, pemutaran film, dan diskusi. Keempat, gerakan hijau kampus yang meliputi acara UIN Jakarta bebas sampah dan puntung rokok, seminar UIN Jakarta bebas narkoba, dan bersih-bersih situ kuru bersama rektor.

Kelima, galatainment yang meliputi acara lomba cipta lagu islami, fun climbing, bazar rakyat, fashion show hijab model, lomba pop singer, dan lomba foto. Keenam, UIN sport expotainment yang meliputi turnamen tenis lapangan (antar pimpinan UIN), futsal, voli, basket, bulu tangkis, sepak bola (antar mahasiswa), catur klasik, tenis meja (antar pegawai UIN).

Ketujuh, gebyar anak Rasulullah yang meliputi lomba membaca Alquran, mewarnai kaligrafi, islahus sholat, dan adzan (untuk anak-anak yatim usia PAUD dan SD). Kedelapan, titian muhibah UIN Jakarta yang meliputi acara peluncuran program internasional (PRAMUKA UIN road to Korea, KPA ARKADIA road to Damavan-Iran, PSM UIN road to Korea), dan seminar safety procedure pendakian gunung.

Kesembilan, festival jendela budaya nusantara yang meliputi acara seminar urgensi pelestarian budaya Indonesia dalam menghadapi MEA, bedah buku fiqih sosial : masa depan fiqih Indonesia, lomba tari saman antar fakultas, kirab budaya nusantara, dan panggung seni tradisional. Kesepuluh, pengajian dan dzikir bersama rektor dan wali band yang meliputi acara santunan anak yatim, tausiyah oleh rektor, yasinan dan tahlilan, doa bersama, serta maulidan dan marhaban.

Sementara untuk jenis kegiatan yang kesebelas adalah puncak acara dan penutupan malam apresiasi dan anugerah UIN yang meliputi acara anugerah tokoh nasional, pertunjukan tari saman, anugerah rektor UIN Jakarta, pertunjukan musik, anugerah tokoh masyarakat, anugerah dosen dan pegawai terbaik, dan pembagian hadiah lomba milad. (NJS/LRF)