Pusat Perpustakaan Resmikan BI Corner

159

Pusat Perpustakaan UIN Jakarta resmikan Bank Sentral Indonesia (BI) corner. Peresmian yang ditandai dengan pengguntingan pita tersebut, dilaksanakan pada, Kamis (27/04), bertempat di ruang sirkulasi pusat perpustakaan UIN Jakarta.

Gd. Perpustakaan, BERITA UIN Online— Pusat Perpustakaan UIN Jakarta resmikan Bank Sentral Indonesia (BI) corner. Peresmian yang ditandai dengan pengguntingan pita tersebut, dilaksanakan pada, Kamis (27/04), bertempat di ruang sirkulasi pusat perpustakaan UIN Jakarta.

Hadir sekaligus meresmikan BI Corner tersebut, Wakil Rektor Bidang Kerjasama Prof Dr Murodi MA (mewakili rektor), Dekan Fakultas Ushuluddin Prof Dr Masri Mansoer MA, para Wakil Dekan, Kepala Pusat Perpustakaan Amrullah Hasbana MA, utusan dari Bank Sentral Indonesia (BI) Tri Subandoro (Manajer Divisi PSBI dan Hubungan Stakeholders, departemen komunikasi Bank Indonesia) dan tim, serta segenap karyawan pusat perpustakaan UIN Jakarta.

Dalam sambutannya, Wakil Rektor mengapresiasi kerjasama yang dilakukan antara kedua lembaga tersebut. Dirinya berhadap, adanya BI Corner ini mampu meningkatkan keilmuan sivitas akademika UIN Jakarta khususnya, terutama dalam bidang perbankan dan keuangan di Indonesia.

“Dengan adanya kerjasama ini, secara langsung dapat menunjang salah satu tageline UIN Jakarta menjadi kampus bertarap internasional. Hal ini, tentunya dapat direalisasi dengan pengembangan riset dan publikasi,” ujar Murodi.

Selain itu, masih menurut Murodi, BI Corner diharapkan menjadi media bagaimana UIN Jakarta mengenalkan keuangan Islam (yariah) ke dunia. Pasalnya, saat ini keuangan (perbankan) syariah tengah booming di seluruh penjuru dunia.

Di tempat sama, Tri Subandono mengatakan bahwa pihak BI, saat ini tengah gencar melakukan kerjasama dengan lembaga-lembaga pendidikan. Pasalnya, keuangan menyakup kesejahteraan masyarakat, sejajar dengan kecerdasan masyarakatnya.

“Hal ini yang melatarbelakangi BI terus melakukan kerjasama dengan lembaga pendidikan yang ada di Indonesia,” tandas Tri.

Ditambahkannya, sampai saat ini, Bank Sentral Indonesia telah memiliki 262 Corner, 133 pojok baca, dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), yang tersebar di seluruh pelosok Indonesia.

Sebelumnya, Kepala Pusat Perpustakaan Amrullah Hasbana MA, menyampaikan laporannya mengenai keadaan perpustakaan saat ini. Dirinya mengatakan, bahwa dengan adanya BI Corner, akan menambah koleksi khazanah keilmuan di pusat perpustakaan, terutama dalam bidang ekonomi dan perbankan.

Sebagai informasi, di hari yang sama, setelah peresmian BI Corner tersebut, digelar pula seminar yang mengusung tema Financial Technology: Peluang dan Tantangan. Seminar yang diikuti sedikitnya 120 mahasiswa tersebut berjalan lancar. Mahasiswa pun tampak antusias dengan mengajukan beberapa pertanyaan terkait perbankan dan ekonomi juga keuangan saat ini. (lrf/hmn)