Pusat Bahasa UIN Jakarta Gelar Workshop Pengembangan Soal Tes ETIS, TOAFL dan BIPA

workshop PBBGd. Wisma III UT, Berita UIN Online—Dalam rangka pengembangan standarisasi pengajaran Bahasa Arab, Inggris dan Indonesia di lingkungan UIN Jakarta, Pusat Pengembangan bahasa (PPB) menggelar workshop dengan tema Workshop Pengembangan Soal Tes ETIS, TOAFL dan BIPA tahun 2015, Kamis-Sabtu (12-14/11), bertempat di Wisma III Universitas Terbuka (UT) Pondok Cabe Tangerang Selatan.

Wakil Rektor bidang Akademik Dr Fadhilah Suralaga M.Si, mengapresiasi setinggi-tingginya atas kegiatan ini. Karena, kegiatan ini mencoba memadukan konteks dan konten keindonesian dan keislaman dalam penyusunan soal-soal tes bahasa baik bahasa Indonesia, Inggris dan Arab.

Kepala PPB Siti Nurul Azkiyah Ph.D menyampaikan, dalam menyelenggarakan tes kemampuan bahasa (Indonesia, Inggris dan Arab) PPB mengunakan 2 pendekatan. Pertama, menggunakan instrument tes yang sudah diakui secara luas seperti BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing), TOAFL (Test of Arabic as  Foreign Language), TOEIC (Test of English for International Communication), dan TOEFL IBT (Test of English as Foreign Language-Internet Based Test). Kedua, mengembangkan sendiri instrument evaluasi kemampuan bahasa, terutama untuk bahasa inggris, agar bisa menghasilkan intrumen tes tersendiri.

“Pendekatan yang kedua ini diharapkan menghasilkan instrumen tes bernama ETIS (English Tes for Islamic Student) yang bisa diakui kualitasnya sehingga dapat dipergunakan di lingkungan sivitas akedemika UIN Jakarta dan khalayak umum,”Papar Nurul.

Masih menurut Nurul Azkiyah, diharapkan workshop ini dapat menghasilkan satu set instrument tes BIPA, TOAFL dan ETIS yang siap diujicobakan dan kemudian bisa segera dilaunching kepada public.

Sebagai informasi, workshop ini dihadiri oleh 40 orang pakar di bidang kebahasaan, baik bahasa Arab, Inggris, dan Indonesia. Reviewer kegiatan ini merupakan pakar ternama di lingkungan UIN Jakarta. Untuk bahasa Arab, Prof Dr HD. Hidayat MA, Prof Dr Masna MA dan Prof Dr Muhbib Abdul Wahab. Bahasa Inggris, Dr Atiq Susilo MA dan Dr Muhammad Farkhan M.Pd, untuk bahasa Indonesia, terdapat nama Atiqah Sholehah, M.Pd, dan Djoko Kentjono MA.

Kegiatan yang berlangsung selama 3 hari dengan kegiatan yang padat, diawali dengan pemaparan pengembangan tes BIPA, TOAFL dan ETIS, dilanjutkan dengan diskusi kelompok untuk menyusun soal-soal tes, presentasi mengenai hasil pengembangan tes, dan tak ketinggalan juga pemaparan mengenai analisa butir soal.  (Laporan SAA/LRF).