Puluhan Dosen Ikuti Pelatihan Metodologi Penelitian

Syahida Inn, BERITA UIN Online—36 dosen di lingkungan UIN Jakarta mengikuti pelatihan metodologi penelitian yang diselenggarakan Pusat Penelitian dan Penerbitan (Puslitpen) UIN Jakarta di Syahida Inn, Senin-Kamis (02-05/11). Para dosen peserta diharap menularkan kemampuan metode penelitian di kalangan rekan dosen masing-masing fakultasnya.

Kepala Puslitpen Wahdi Sayuti MA mengungkapkan ke-36 dosen peserta pelatihan merupakan dosen pengampu mata kuliah metodologi penelitian di masing-masing fakultas. Sesuai latar belakang keilmuannya, ke-36 dosen dibagi dalam kluster Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Metodologi Penelitian Kualitatif.

“Keikutsertaan dalam pelatihan merupakan bagian pembinaan dan peningkatan kemampuan dosen di bidang penelitian sesuai kluster masing-masing,” ujarnya.

Pada pelatihan tersebut, pelatihan masing-masing metodologi difokuskan pada metode yang paling sering digunakan para peneliti terkait. Metodologi penelitian kualitatif misalnya difokuskan pada tradisi penelitian etnografi. Sedangkan penelitian kuantitatif diarahkan pada penguasaan perangkat pengukuran kuantitatif seperti analisis bivariate, univariate dan multivariate.

Untuk narasumber, kluster metodologi penelitian kuantitatif difasilitasi oleh Dr Teuku Ezni Balqiah, Dr Zainal Arifin M.Pd, dan Dr Ratna Jatnika. Sedangkan kluster metodologi penelitian kualitatif dinarasumberi M. Arskal Salim GP MA PhD, M. Adlin Sila MA Ph.D, Stella Hutagalung Ph.D.

Terkait pelatihan, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) M. Arskal Salim GP MA Ph.D berharap dosen peserta pelatihan bisa menularkan pengetahuan yang didapat kepada para rekan dosen fakultas masing-masing. Ini didasarkan kebutuhan para dosen dalam membimbing mahasiswa menyelesaikan tugas penelitiannya.

Sementara itu, Rektor Prof Dr Dede Rosyada MA yang membuka kegiatan pelatihan mengingatkan para dosen untuk senantiasa meng-upgrade wawasan dan pengetahuan tentang metodologi penelitian. Menurutnya, metodologi penelitian merupakan kebutuhan mutlak dalam menghasilkan karya akademik berkualitas. (ZM)