Psikologi Gelar Seminar Autis

Fakultas Psikologi UIN Jakarta

Fakultas Psikologi UIN Jakarta

Rg. Teater Prof. Zakiyah Darajat, BERITA UIN Online– Fakultas Psikologi UIN Jakarta menyelenggarakan seminar nasional ‘Autism Specturn Disorder dan Metode Terapinya’ di Ruang Teater Prof. Zakiyah Darajat, Senin (09/05). Seminar nasional menghadirkan narasumber utama Dr. Abdel Tawwab Abdullah Husain, Direktur Internasional Center for Vital Energy Mesir.
Dalam paparannya, Abdel mengungkapkan, autis merupakan salah satu bentuk gangguan perkembangan saraf yang kompleks dan ditandai dengan kesulitan dalam interaksi sosial, komunikasi, dan perilaku terbatas, berulang-ulang dan karakter stereotip.
Dalam disiplin psikologi, autisme merupakan salah satu dari tiga gangguan autism spectrum disorder. Dua gangguan lainnya adalah sindrom asperger dan pervasive developmental disorder not otherwise specified (PDD-NOS).
Gejala autis, sebutnya, menjadi salah satu gangguan kejiwaan yang banyak ditemukan di kalangan masyarakat. Beratnya beban gangguan ini seringkali menimbulkan keraguan atas kesembuhannya.
“Namun sebetulnya, ini dapat disembuhkan. Kita dapat mengobati penderita dengan treatment yang tepat, usaha yang berkelanjutan dan dijauhkan dari pemicu hadirnya gejala autis,” paparnya.
Seminar nasional yang dilangsungkan dengan pengantar bahasa Indonesia, Inggris, dan Arab ini menarik perhatian sivitas akademik Fakultas Psikologi. Dekan Fakultas Psikologi, Prof. Dr. Abdul Mujib mengapresiasi kegiatan dan kesediaan Tawwab menjadi narasumber seminar. (Laporan Risa DR)