PSGA UIN Jakarta Review Buku Ajar Gender

PSGA UIN Jakarta lakukan review atas buku ajar gender di Gedung Diorama UIN Jakarta, Rabu (10/08).  Review dilakukan mengingat pendidikan gender menjadi kunci atas realisasi kesetaraan gender di lingkungan universitas.

PSGA UIN Jakarta lakukan review atas buku ajar gender di Gedung Diorama UIN Jakarta, Rabu (10/08). Review dilakukan mengingat pendidikan gender menjadi kunci atas realisasi kesetaraan gender di lingkungan universitas.

Gedung Diorama, BERITA UIN Online PSGA UIN Jakarta lakukan review atas buku ajar gender di Gedung Diorama UIN Jakarta, Rabu (10/08).  Review dilakukan mengingat pendidikan gender menjadi kunci atas realisasi kesetaraan genderdi lingkungan universitas sebagai instrumen penting dalam mentransfer pengetahuan, kesadaran, dan norma-norma masyarakat.

Kegiatan yang dihadiri para dosen dan peneliti bidang gender dibuka Kepala Pusat Studi Gender dan Anak UIN Jakarta Ir. Rahmi Poernomowati, M.Si. Turut  hadir sebagai narasumber Pakar Gender Islam sekaligus Guru Besar  UIN Jakarta Prof. Dr. Zaitunnnah Subhan MA.

Dalam sambutannya, Rahmi mengatakan, kesadaran gender harus ditempuh dengan merumuskan kebijakan pendidikan nasional melalui kurikulum berbasis gender. Menurutnya, model integrasi kurikulum kesetaraan gender dalam kurikulum pendidikan adalah hal prinsip. “Karena siswa diharap mampu memahami secara mendalam tentang pentingnya kesetaraan gender,” paparnya.

Sementara itu, dalam paparannya, Zaitunnah mengatakan wacana gender dapat dimasukan dalam rubrikasi materi dan gambar ilustrasi yang menjelaskan tentang posisi laki-laki dan perempuan dalam berbagai lingkup kegiatan. “Maka dari itu, keberadaan buku bahan ajar gender menempati posisi yang penting, karena keterlibatannya dengan peserta didik dalam intensitas tinggi,” tambahnya. (Syarifaeni Fahdiah)