Prodi Pendidikan Fisika Gelar Pekan Raya Ilmiah

Auditorium Utama, BERITA UIN Online—Sebagai sarana pengembangan masyarakat, alumni, guru, dosen dan mahasiswa dalam memajukan pendidikan Fisika, Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Jakarta menyelenggarakan Pekan Raya Ilmiah yang dikemas dalam bentuk Seminar Nasional, Workshop Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Olimpiade Fisika SMA sederajat di Auditorium UIN Jakarta, Jumat-Senin (20-23/11).
Acara yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Pendidikan Fisika ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru fisika dalam pembelajaran fisika di era modern, meningkatkan kemampuan guru fisika melalui pelatihan penyusunan instrumen penilaian tindak kelas (PTK), dan meningkatkan motivasi dan kompetisi siswa SMA sederajat dalam penguasaan konten fisika melalui olimpiade.
Ketua panitia Apan mengatakan, “kegiatan ini sebagai wujud kepedulian kami untuk terus mengenalkan dan membumikan pendidikan Fisika kepada masyarakat luas khususnya siswa SMA/MA,” paparnya.
Apan melanjutkan, selain olimpiade Fisika kegiatan ini diisi dengan seminar nasional yang disampaikan oleh Prof Dr Yetti Supriadi (Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Jakarta) dengan materi Pengembangan Penilaian autentik berdasarkan Kurikulum Fisika di SMA, sedangkan materi Penilaian Autentik Dengan Tes Multipresentasi Dalam Pembelajaran Fisika dipresentasikan oleh Dr Murtono M.Si (UIN Yogyakarta).
Sebagai informasi, kegiatan ini mengambil tema “Inovasi Pengembangan Penilaian Autentik Berbasis Kompetensi Peserta Didik” dihadiri oleh Dosen Fisika, Dosen Pendidikan Fisika, Guru Fisika, Mahasiswa dan Siswa SMA/MA, ungkap mahasiswa Prodi Pendidikan Fisika ini. (TAM/LRF)