Prodi Kimia Gelar Studium General Tanaman Fungsional

Ruang Teater, BERITA UIN Online— Program Studi Kimia Fakultas Sain dan Teknologi (FST) UIN Jakarta menggelar stadium general dengan mengusung tema Pemanfaatan Tanaman Pangan Fungsional Sebagai Sumber Energi Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetik.

Acara yang digelar pada, Senin (17/04) tersebut, mulai pukul 09.00-12.00 WIB dan menghadirkan narasumber ahli dari Institut Pertanian Bogor (IPB), Dr Nancy Yuliana STP MSc.

Dalam pemaparannya, Nancy mengatakan bahwa tanaman pangan fungsional mengandung komponen aktif yang mempunyai fungsi fisiologis, serta baik digunakan untuk pencegahan penyakit dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

“Di Indonesia, terdapat lebih dari 60 ribu tanaman pangan fungsional. Seperti jahe, kunyit, temu lawak, mengkudu, dan lidah buaya,” ujar Nancy.

Ditambahkannya, tanaman tersebut mengandung komponen fitokimia yang berguna dalam pencegahaan maupun pengobatan berbagai macam penyakit. Penyakit-penyakit tersebut tergolong penyakit mematikan, seperti kanker, diabetes, dan serangan jantung.

“Pangan fungsional dapat memacu pertumbuhan industri pangan di Indonesia, tetapi masih ada masalah yang perlu dipecahkan termasuk pemasaran, distribusi, merk, harga, serta rasa dari produk tersebut. Penelitian membuktikan, khasiat yang tinggi juga bergantung pada harga jual produk herbal yang dihasilkan,”tandas Nancy.

Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Kimia (HIMKA) Muhammad Imad Iltizam kepada BERITA UIN Online mengatakan, studium general ini merupakan kegiatan rutin yang digelar tiap semester, atas inisiasi prodi kimia.

“Kegiatan ini sangat berguna bagi mahasiswa, karena dapat menambah pengetahuan tentang tanaman fungsional yang bisa dijadikan obat herbal. Dimana, kita ketahui bersama, obat herbal lebih tinggi khasiatnya,” pukas Imad. (lrf/zm)