Prodi Ilmu al-Qur’an dan Tafsir FU Gelar Seminar Nasional

Gedung FU, BERITA UIN Online— Program Studi Ilmu al-Qur’an dan Tafsir Fakultas Ushuluddin UIN Jakarta menggelar Seminar Nasional bertajuk “Pendekatan Interdisipliner dalam Kajian al-Qur’an” di Ruang Theater lantai 4 Fakultas Ushuluddin, Rabu (21/9).

Seminar yang dimoderatori Moh. Anwar Syarifuddin, MA ini menghadirkan tiga narasumber utama yaitu, Prof Dr Raden Mulyadi Kartanagara, MA (membedah tentang Epistemologi Agama), Ahmad Rafiq, MA., Ph.D (Antropologi Agama) dan Eva Nugraha, MA (Sosiologi al-Qur’an).

Ketua Program Studi Ilmu al-Qur’an dan Tafsir, Dr. Lilik Ummi Kaltsum, MA dalam sambutannya mengatakan kajian al-Qur’an melalui pendekatan antar disiplin ilmu perlu dikembangkan untuk bisa melihat realitas atas pemahaman agama di masyarakat.

“Pendekatan baru dalam menafsirkan teks al-Qur’an memerlukan proses dan uji coba yang panjang, sehingga secara metodologis bisa memberikan pendalaman makna dalam konteks ke kinian,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Dekan Fakultas Ushuluddin, Prof Dr Masri Mansoer, MA memberikan apresiasi atas terselenggaranya seminar nasional ini. Menurutnya, pendekatan interdisipliner dalam kajian al-Qur’an dapat mengkombinasikan makna dari ayat dengan realitas di masyarakat.

“Bagaimana teori-teori sosial dan budaya ini mampu melihat realitas atas pemahaman masyarakat atas agamanya, sebagaimana yang dibangun dari konsep-konsep terpilih dari al-Qur’an,” jelasnya. (njs/umr)