Pramuka SMKN 1 Bogor Juara Umum Festival Kepramukaan

Gd. Student Center, BERITA UIN Online – Pramuka SMKN 1 Bogor, Jawa Barat, ditetapkan sebagai juara umum untuk kedua kalinya pada penyelenggaraan Festival Kepramukaan Pramuka Penegak se-DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat 2015 yang digelar Pramuka UIN Jakarta di Gedung Student Center, Minggu (18/10). Pramuka tersebut berhasil menjadi juara umum setelah mengumpulkan beberapa kejuaraan lain, baik untuk kategori putra maupun putri. Atas kemenangannya tersebut, Pramuka SMKN 1 Bogor berhak membawa pulang kembali piala bergilir Rektor UIN Jakarta selaku Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan.

Festival Kepramukaan digelar sebagai rangkaian peringatan ulang tahun Pramuka UIN Jakarta ke-26. Festival tersebut diikuti oleh para pramuka penegak dari 41 pangkalan gugus depan di wilayah DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat. Selain golongan penegak, festival juga akan menggelar giat prestasi bagi golongan penggalang dari ketiga wilayah yang sama pada 25 Oktober 2015 mendatang. Adapun kegiatan yang dilombakan meliputi keterampilan kepramukaan pionering, teknologi tepat guna, pembuatan poster, PPPK, penulisan artikel, penampilan musik perkusi, dan SMS (sandi, morse, smapore).

Festival Kepramukaan dibuka Pembina Pramuka Gugus Depan 07-081/07-082 UIN Jakarta Nanang Syaikhu dengan ditandai pemukulan gong sebanyak tiga kali. Turut hadir para pembina serta undangan dari 41 sekolah perwakilan.

Nanang Syaikhu dalam sambutannya mengatakan, Festival Kepramukaan digelar setiap tahun. Kegiatan tersebut bertujuan selain untuk memeriahkan hari ulang tahun Pramuka UIN Jakarta ke-26 pada 30 Oktober 2015 juga mendorong para pramuka, khususnya golongan penggalang dan penegak, lebih berprestasi.

“Tapi lebih dari itu kegiatan ini juga sekaligus untuk mempromosikan kampus UIN Jakarta ke masyarakat luas, khususnya di kalangan para pelajar tingkat SMA, MA, dan SMK,” katanya.

Menurut rencana, puncak perayaan peringatan hari ulang tahun akan dihadiri Rektor UIN Jakarta selaku Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan serta Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany selaku Ketua Majelis Pembimbing Gerakan Pramuka Cabang Kota Tangerang Selatan. (NS)