PPM UIN Jakarta Gelar Workshop Kemitraan

Ruang Diorama, BERITA UIN OnlinePusat Pengabdian kepada Masyarakat (PPM) UIN Jakarta menggelar workshop kemitraan bekerjasama dengan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA), dan para Kepala Desa se-Kota Tangerang Selatan, di Ruang Diorama Auditorium Harun Nasution UIN Jakarta, Kamis (31/03).

Kegiatan dengan tema Optimalisasi Peran Kampus Dengan Kelurahan Dalam Pemberdayaan Masyarakat di Wilayah Tangsel ini, dibuka oleh Rektor UIN Jakarta Prof Dr Dede Rosyada MA, dihadiri Wakil Rektor Bidang Kerjasama antar Lembaga Prof Dr Murodi MA, Kepala Pusat Pengabdian kepada Masyarakat Djaka Badranaya, S.Ag.ME, dan segenap sivitas akademik serta para tamu undangan.

Dalam sambutannya, rektor mengapresiasi adanya pertemuan ini dan berharap terjadi kolaborasi dan kerjasama yang baik antara UIN Jakarta dengan masyarakat melalui pemerintah setempat dalam rangka membangun lingkungan dan sumber daya manusia di wilayah Tangsel menjadi lebih baik dan siap menghadapi perubahan yang ada.

“Masyarakat harus kita ajak untuk berubah secara attitude serta frame of thinking-nya, karena untuk menghadapi perubahan zaman, skill dan keterampilan harus dimiliki. Saat ini UIN Jakarta terus berupaya untuk bisa bermanfaat bagi masyarakat,” ujarnya.

Ditambahkan rektor, proses perubahan sosial akan melewati tiga hal yaitu proses shocking (kaget) dengan perubahan yang ada, proses adaptasi, dan proses aktualisasi. “Setidaknya ada dua hal penting yang harus diberikan kepada masyarakat sebagai bekal menghadapi perubahan yaitu pelatihan kewirausahaan (enterpreneur) dan pelatihan skill tenaga kerja” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kota Tangerang Selatan Teddy Meiyadi mengatakan, bahwa dengan adanya kerjasama ini sangat mendukung perealisasian visi misi pemerintah Kota Tangsel lima tahun mendatang.

“Penerapan kolaborasi pembangunan dengan dunia kampus akan sangat membantu dalam mewujudkan kota Tangsel yang cerdas, berkualitas, berdaya saing berbasis teknologi dan inovasi. Ini merupakan visi Kota Tangsel kedepan,” paparnya. (NJS/LRF)