PPM Jadwalkan Pelepasan Mahasiswa Peserta KKN

Gd. PPM, BERITA UIN Online– Pusat Pengabdian kepada Masyarakat (PPM) UIN Jakarta menjadwalkan pelepasan Kuliah Kerja Nyata-Pengabdian kepada Masyarakat oleh Mahasiswa (KKN-PpMM) 2015, Jum’at (31/07/2015), pukul 06.30 WIB. Pelepasan bakal dilaksanakan di Lapangan Parkir Student Center Kampus I UIN Jakarta.
Kepala PPM Djaka Badranaya ME mengungkapkan, pelepasan bakal dilakukan langsung oleh Rektor UIN Jakarta Prof Dr Dede Rosyada MA. “Untuk itu, seluruh mahasiswa peserta KKN-PpMM diwajibkan mengikuti kegiatan tersebut dengan menggunakan jas almamater,” tuturnya, Selasa (28/07/2015).
Data rekapitulasi kepesertaan KKN-PpMM tahun ini mencatat, sekitar 2.540 orang mahasiswa mengikuti salah satu tugas perkuliahan pengabdian tingkat sarjana. Ke-2.540 mahasiswa ini tergabung dalam 160 kelompok KKN-PpMM yang tergabung dalam tiga model KKN yakni KKN-PpMMReguler, KKN-PpMM in Campus, dan KKN-PpMM Kebangsaan.
Diketahui, keikutsertaan KKN-PpMM Reguler mensyaratkan terpenuhinya 110 SKS dengan IPK >2,00, berbadan sehat yang dibuktikan surat keterangan dokter, memiliki bukti KRS. Selain itu, peserta juga wajib membuat rencana kerja individu dan proposal rencana kegiatan kelompok. Lokasi KKN ini tersebar di Kabupaten/Kota Bogor, Jawa Barat, dan Tangerang, Banten.
Adapun, KKN PpMM in Campus diikuti mahasiswa dengan melakukan pengabdian pada masyarakat atau lembaga yang berada di lingkungan UIN Syarif Hidayatullah. Dosen pembimbing KKN ini bisa dipilih sendiri oleh peserta berdasar persetujuan PPM UIN Jakarta. Selain itu, peserta KKN jalur ini dibatasi maksimal 3 orang.
Sementara KKN-PpMM Kebangsaan berlangsung di Provinsi Riau. Tahun ini, kegiatan pengabdian dengan tuan rumah Universitas Riau ini mengambil tema Penguatan Program Pencegahan Pembakaran hutan dan lahan berbasis masyarakat yang menjadi masalah sosial di Provinsi Riau. [] ZM