PPB UIN Jakarta-LPDP Teken Kerjasama Pelatihan IELTS

lpdp-2015Gd. PPB, Berita UIN OnlineUntuk pertama kalinya, Pusat Pengembangan Bahasa (PPB) UIN Jakarta mendapatkan kepercayaan menjalin kerjasama dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan RI dalam pembinaan bahasa calon mahasiswa penerima beasiswa belajar ke luar negeri.

Seremonial penandatanganan ini dilakasanakan pada, Senin (30/11) bertempat di gedung Pusat Pengembangan Bahasa (PPB) UIN Jakarta, dan dihadiri oleh Kepala PPB Dr Siti Nurul Azkiyah Ph.D dan LPDP diwakili oleh M. Setiawan S Dj, Septina Andriani serta 25 orang calon penerima beasiswa LPDP dari berbagai daerah di Indonesia.

Kepala Pusat Pengembangan Bahasa (PPB) UIN Jakarta Dr Siti Nurul Azkiyah Ph.D meengatakan, pelatihan ini merupakan persiapan mahasiswa penerima beasiswa untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris dalam menghadapai tes IELTS.

“Pelatihan ini akan dilaksanakan selama tiga bulan,  Desember 2015 sampai Februari 2016, terdiri dari 150 sesi, masing-masing sesi berisi dua jam pelajaran. Pelatihan ini bersifat intensif, yakni 6 hari dalam seminggu. Sedangkan materi pelatihan ini antara lain, materials, academic writing, academic speaking, dan study skill,” paparnya.

Nurul menambahkan, selain belajar bahasa, peserta juga akan menerima materi tentang Cross Cultural Understanding yang bertujuan memberikan pemahaman budaya negara tujuan studi.

Pada kesempatan yang sama, utusan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), M. Setiawan S Dj dalam  paparannya menjelaskan secara rinci tentang program beasiswa LPDP. Seperti, program, dana beasiswa, mekanisme teknis penyaluran beasiswa dan tindak lanjut program.

(laporan Syahirul Alim/ LRF)