Pidato Wisudawan: Mari Tunjukan Lulusan UIN Jakarta Bisa!

159Oleh: Musfiah Saidah

Assalamualaikum Wr. Wb.                                                                                              

Yang terhormat:

Sekretaris Senat Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

Yang kami hormati:

Rektor dan para wakil rektor

Para guru besar anggota prosesi dan para dosen

Hadirin tamu undangan, orang tua, wisudawan/ wisudawati yang berbahagia.

Saya sangat merasa terhormat dapat berdiri disini, mewakili rekan-rekan wisudwan-wisudawati Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta untuk memberikan sambutan pada kesempatan berbahagia ini.

Hadirin yang kami hormati,

Diterima dan menjadi Mahasiswa UIN Jakarta adalah sebuah prestasi dan kebanggaan. Begitupula dengan keberhasilan kami menyelesaikan studi hingga akhirnya menjadi sarjana. Dalam prosesnya kami pernah berjalan, berlari mengejar ketertinggalan, berpacu dengan waktu dan berjuang mewujudkan impian. Sebuah perjuangan panjang yang akhirnya ditutup dengan manis hari ini.

Hadirin yang berbahagia,

Pendidikan menyempurnakan pengetahuan. Pendidikan mengajarkan perjuangan dan pendidikan melatih kita untuk toleran dalam keberagaman. Kita berada dalam satu universitas yang sama, namun berasal dari fakultas, jurusan, daerah asal, bahkan organisasi yang berbeda.  Tetapi kita memiliki tujuan yang sama yaitu menjadi generasi intelektual dengan menjadikan Islam sebagai dasar tujuan. Hal tersebut tentulah tidak akan terwujud tanpa usaha saling kenal mengenal, saling memahami, saling bertoleransi seperti yang diajarkan di kampus peradaban ini. Hal tersebut sejalan dengan firman Allah Swt dalam Alquran surah Al-Hujurat ayat 13 yang artinya:

“Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan. Dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling takwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha mengetahui lagi Maha  mengenal.”

Dunia kampus telah banyak mengajarkan kepada kita bahwa dalam hidup, perbedaan adalah keniscayaan. Perbedaan telah mengajarkan kita untuk saling mengenal. Berjiwa besar menerima masukan dan bergandeng tangan membuat perubahan, dilandasi dengan iman dan akhlakul karimah.

Rekan-rekan yang berbahagia,

Selama masa kuliah kita telah berusaha maksimal dalam mengarungi lautan ilmu yang Allah sediakan lalu mengeksplorasinya dengan memberikan kontribusi bagi almamater tercinta. Kontribusi yang diberikan melalui jalan prestasi akademik maupun non akademik, melalui karya untuk masyarakat ataupun berbagai penelitian akademik yang bermanfaat. Kita patut berbangga, Mahasiswa UIN Jakarta telah banyak meraih penghargaan baik tingkat Nasional maupun Internasional. Hal ini menunjukan bahwa UIN Jakarta bukan hanya siap namun mampu berkompetisi dan bekerjasama dengan universitas lain di Indonesia. Oleh karena itu, dengan penuh kesadaran, kami menyatakan bahwa kami tidak akan pernah dapat meraih itu semua dan sampai pada titik ini tanpa bantuan dari berbagai pihak. Pada kesempatan yang berbahagia ini kami segenap wisudawan-wisudawati mengucapkan terima kasih dan permohonan maaf sebesar-besarnya kepada:

  1. Rektor, wakil rektor, dekan dan para anggota senat yang telah banyak membimbing kami.
  2. Para ketua jurusan dan ketua program studi atas kerja kerasnya.
  3. Para dosen yang telah sabar dan ikhlas dalam mengajar dan memberikan ilmunya kepada kami.
  4. Segenap civitas akademika UIN Jakarta.
  5. Para orang tua yang tidak pernah berhenti mendoakan dan memberikan dukungan kepada kami.

Hadirin yang terhormat,

Perjuangan kita belum selesai sampai disini. Justru inilah awal langkah untuk berkhidmat kepada umat, mulai dari yang terdekat menuju bangsa yang bermartabat. Kemajuan almamater tidak akan pernah lepas dari kontribusi para alumninya. Mari saatnya kita memberikan bakti nyata, bekerja dan berkarya dengan mengaplikasikan ilmu yang ada serta terus mengembangkannya. Kemudian menunjukkan kepada dunia jika lulusan UIN Jakarta bisa, bisa, bisa. Oleh karena itu, kami memohon doa dan ridho dari hadirin sekalian agar kami menjadi generasi yang akan melanjutkan perjuangan. Generasi yang dapat merekatkan perbedaan, mendamaikan perpecahan dan mengusahakan kesejahteraan. Kami wisudawan/wisudawati UIN Jakarta siap berkontribusi menjadi bagian dari perjuangan Indonesia menjadi bangsa yang besar di tengah berbagai tantangan.

Majulah Negara, Majulah Bangsa. UIN Bakti Nyata.

Rekan-rekan sekalian jangan pernah melupakan almamater kita.

Terima kasih dan sukses untuk kita semua!

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Pidato disampaikan Musfiah Saidah mewakili wisudawan-wisudawati pada Wisuda UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ke-105 di Gedung Auditorium Harun Nasution, Rabu 30 Agustus 2017. Musfiah lulus dari Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi, dengan IPK 3.87 (Cumlaude). Wisudawati kelahiran Jakarta, 4 Desember 1995 ini menulis skripsi berjudul: Public Relations Politik Tim Komunikasi Presiden Republik Indonesia dalam Pengelolaan Isu-Isu Publik. (farah nh/yuni nurkamaliah/zm)