Peringati HAB Kemenag ke-71, UIN Jakarta Gelar Zikir dan Doa Bersama

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone
HAB Rektor

Rektor UIN Jakarta Prof Dr Dede Rosyada menyampaikan sambutan pada acara Zikir dan Doa Bersama dalam rangka peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) Kemenag ke-71 di Masjid al-Jami’ah, Rabu (3/1/2017).

Masjid al-Jami’ah, BERITA UIN Online— Dalam rangka memperingati Hari Amal Bhakti (HAB) Kementerian Agama (Kemenag) RI ke-71, UIN Jakarta menggelar acara Zikir dan Doa Bersama pada Selasa (3/1/207) di Masjid al-Jami’ah UIN Jakarta.

Acara diawali dengan pelaksanaan shalat Dhuha berjama’ah dipimpin Ketua Ma’had al-Jamiah UIN Jakarta Dr KH Akhmad Sodiq MA, dilanjutkan dengan pembacaan kalam wahyu ilahi oleh Ketua Himpunan Qori Qoriah Mahasiswa UIN Jakarta Muhammad Kurnia dan diakhiri dengan pembacaan Yasin, tahlil dan doa bersama.

Sebelum zikir dan doa bersama, Rektor UIN Jakarta Prof Dr Dede Rosyada berkesempatan menyampaikan amanat Menteri Agama (Menag) dalam sambutannya bahwa pembentukan Kemenag merupakan peristiwa penting dan bersejarah bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sebagai negara religius yang nasionalis.

“Tujuh puluh satu tahun yang lalu, tepatnya pada 3 Januari 1946, pemerintah atas usul dari Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP) membentuk Kemenag dan mengangkat Menag pertama, yaitu Haji Mohammad Rasjidi,” ujar Dede di hadapan seluruh pimpinan unit kerja dan sivitas akademik UIN Jakarta.

Sejalan dengan tema HAB Kemenag ke-71, lanjutnya, yaitu “Bersih Melayani” dan motto “Lebih Dekat Melayani Umat,” diharapkan ulang tahun Kemenag ini semakin memperkuat komitmen pegawai di lingkungan UIN Jakarta yang bernaung di bawah Kemenag terhadap integritas dan etos kerja sebagai pelayan umat.

Foto Bersama

Pose bersama usai peringatan HAB

“Prinsip dasarnya adalah pelayanan yang cepat, tepat, akurat, murah dan menyenangkan, sehingga pelayanan kepada umat menjadi meningkat ke arah yang lebih baik,” imbuh Dede.

Di akhir sambutannya, Dede berharap kualitas pelayanan UIN Jakarta tahun ini (2017) lebih baik dari tahun lalu.

Sementara itu, terkait kegiatan ini, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Alumni dan Kerjasama Fakultas Syariah dan Hukum Dr Yayan Sofyan yang turut hadir dalam acara tersebut mengapresiasi positif kegiatan ini.

“Memperingati milad Kemenag dengan shalat Dhuha dan Doa Berjamaah merupakan tradisi yang perlu terus dilestarikan dari tahun ke tahun di UIN Jakarta ini,” ujarnya. (mf)