Penilaian Buruk Cadar di Sekolah Inggris

cadar

BERITA UIN, Online — nilah kabar yang amat menyedikan dari negeri yang sering merayakan hak pribadi dan kebebasan beragama. Seperti diketahui, Kepala Ofsted, badan pengawas sekolah Inggris, Sir Michael Wilshaw mengatakan kepada para penilik pendidikan di Inggris mereka bisa memberi penilaian jelek mengenai sekolah yang memperbolehkan penggunaan cadar wajah.

Sir Michael mengatakan penilik dapat menilai sekolah sebagai tidak memadai jika memakai cadar wajah -seperti sebagaian penganut Islam di Timur Tengah- dianggap ‘menghambat kegiatan belajar.’

Menteri Pendidikan Inggris Nicky Morgan mengatakan keputusan mengenai cadar tersebut diambil untuk menyeragamkan kebijakan masing-masing sekolah.

Sir Michael mengatakan ia ingin memberikan ‘dukungan penuh’ kepada kepala sekolah yang ingin memberlakukan larangan penggunaan cadar.

Departemen Pendidikan mengatakan “jelas merupakan hal yang benar” bahwa jika cadar mengganggu proses belajar-mengajar, Ofsted harus mengambil tindakan.

Namun Majelis Muslim Inggris mengatakan Ofsted tidak perlu untuk ‘berkoar-koar di media untuk menunjukkan kekuasaannya.’ Para pemimpin kepala-kepala sekolah mengatakan bahwa para pengawas juga tidak boleh menilai sekolah dari aturan berpakaian sekolah.

Tapi kepala Ofsted mengatakan ia khawatir bahwa beberapa kepala sekolah ‘berada di bawah tekanan’ untuk melonggarkan larangan penggunaan cadar wajah, baik untuk staf atau murid. (Effendi/BBC)