141 Mahasiswa Psikologi Ikuti Pembekalan KKL

Gd. Psikologi, BERITA UIN OnlineFakultas Psikologi UIN Jakarta menyelenggarakan pembekalan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) bagi 141 mahasiswa semester tujuh. Bertempat di ruang Teater Prof Zakiyah Darajat, Rabu (3/08). Pelatihan tersebut dimaksudkan meningkatkan kecakapan mahasiswa tentang teori psikologi yang lebih aplikatif dan cara membangun komunikasi yang kondusif, kooperatif dilingkungan tempat berkarir.

Demikian disampaikan Ketua Laboratorium Psikologi Siti Evangeline Imelda Suadi M.Psi saat memberikan sambutan ketika membuka acara tersebut. “Pelatihan ini juga menjadi bekal bagi mahasiswa sebelum nantinya terjun di masyarakat saat KKL,” ujarnya.

Masih menurut Imelda, terdapat perbedaan antara KKL tahun ini dengan tahun-tahun sebelumnya. Jika tahun lalu orientasi KKL terfokus pada tempat-tempat kerja saja, sedangkan tahun ini diperluas cakupannya dengan melakukan pengabdian pada pesantren-pesantren yang telah dipilih oleh fakultas.

“Perluasan cakupan KKL ini mendapat sambutan positif dari mahasiswa, dengan banyaknya peminat pada program pilihan orientasi KKL,” tambah Imelda yang juga sebagai Koordinator KKL 2016 ini.

Di tempat yang sama, Dekan Fakultas Psikologi Prof Dr Abdul Mujib MA M.Si mengapresiasi kebijakan baru KKL tahun ini dengan mengorientasikan fokus KKL pada pesantren-pesantren yang dipilih.

“Jika kemarin kita dikritisi karena ilmu psikologi yang dipandang melangit tapi tidak membumi, dengan KKL tahun ini kita ubah mindset tersebut, bahwa ilmu psikologi yang tidak hanya melangit tapi juga membumi,” tambahnya.

Masih menurut Mujib, KKL ini merupakan bagian dari perkuliahan yang dilakukan di luar kampus. “Ikuti kegiatan ini dengan serius dan semaksimal mungkin, berikan yang terbaik kepada masyarakat, dan jaga nama baik almamater UIN Jakarta di lingkungan kerja dan pesantren nanti,” pesannya tegas. (rdr/lrf)