Pekan Depan, UIN Jakarta-Forum Nusantara Gelar Seminar Kebhinekaan

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone
159

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin

Ruang Pubdok, Berita UIN Online— UIN Jakarta dan Forum Nusantara bakal menggelar seminar kebinekaan bertajuk ‘Merangkai Indonesia dalam Kebhinekaan’ di Auditorium Utama, Senin (20/2/2017). Seminar ditujukan menjadi bagian penguatan toleransi dan penghargaan warga masyarakat yang plural.

Demikian disampaikan Kasubag Publikasi dan Dokumentasi, Feni Arifiani S.Ag., MH kepada Berita UIN Online di ruang kerjanya, Jumat (17/2/2017). “Kegiatan didasarkan pada keprihatian banyak pihak atas munculnya isu-isu yang bisa mengancam toleransi dan penghargaan fakta bahwa kita merupakan bangsa yang plural,” katanya.

Ketua Forum Nusantara, Yohana Elizabeth Hardjadinata MBA., Ph.D menambahkan, beberapa peristiwa di tanah air akhir-akhir ini muncul dengan membawa potensi munculnya konflik dan ketegangan. “Apabila tidak dikelola dengan baik, bisa menggerus ikatan bangsa Indonesia,” tambahnya.

Publikasi panitia mencatat, seminar akan menghadirkan dua keynote speaker dan sejumlah narasumber penting. Dipastikan hadir sebagai keynote speaker Menteri Agama RI, Drs. H. Lukman Hakim Saifuddin, Kepala Kepolisian RI dan Jenderal Polisi Drs. H. M. Tito Karnavian, M.A., Ph.D.

Selanjutnya hadir sebagai narasumber sejumlah akademisi, cendekiawan, dan agamawan. Diantaranya Rektor UIN Jakarta, Prof. Dr. Dede Rosyada MA, Peneliti LIPI Prof. Dr. Syamsuddin Haris M.Si, Romo Antonius Suyadi Pr, dan Zuhairi Misrawi.

Sebagai catatan, seminar merupakan rangkaian seminar yang bakal digelar di sejumlah kampus setelah sebelumnya dilakukan di Universitas Negeri Jakarta di akhir tahun lalu. “Seminar diselenggarakan untuk publik, silahkan media, mahasiswa, dosen, atau masyarakat lain untuk hadir dalam kegiatan dimaksud,” terang Feni. (Farah NH/Yuni /zm)