OPAK 2015 Resmi Dibuka

DI8W1186Lapangan Utama UIN Jakarta, Berita UIN Online— Rektor Prof Dr Dede Rosyada MA membuka secara resmi kegiatan Orientasi Pengenalan Akademik dan Kemahasiswaan (OPAK)bagi mahasiswa baru di lapangan Utama UIN Jakarta, Rabu (26/08). Kegiatan diikuti 5.242 mahasiswa baru dari 11 fakultas.

Pembukaan OPAK ditandai pemukulan gong dan pelepasan burung merpati. Turut menghadiri kegatan para wakil rektor, kepala biro, dan dekan. Turut memeriahkan kegatan marching band mahasiswa.

Dalam sambutannya, rektor menyampaikan selamat datang dan bergabung kepada para mahasiswa baru. “Selamat kami sampaikan, bahwa dengan kerja keras anda semua bisa masuk di UIN Jakarta. Anda semua adalah the most selected student,” ujar rektor.

Kegiatan seleksi masuk UIN Jakarta tahun ini, ungkap rektor, total 107.000 pendaftar masuk ke UIN Jakarta. Dari berbagai skema ujian masuk seperti SNMPTN, SBMPTN, UM-PTKIN, dan PMDK Khusus, total mahasiswa yang diterima hanya 5.242 orang. “Anda semua adalah the most selected student,” tandasnya.

Rektor juga mengingatkan para mahasiswa baru untuk lebih fokus dalam belajar dengan memanfaatkan fasilitas laboratorium dan kepustakaan. Berbeda dengan di sekolah, belajar di perguruan tinggi lebih banyak dilakukan di perpustakaan dan laboratorium. Hanya 30% proses belajar dengan dosen. “Kesuksesan studi saudara, ditentukan oleh saudara sendiri,” ingatnya.

Selain meningkatkan fasilitasi belajar, sambung rektor, UIN Jakarta sendiri tengah menggodok kebijakan pembinaan profesionalitas keahlian mahasiswa UIN Jakarta. Harapannya, setelah lulus nanti mereka bisa menjadi sarjana profesional di bidangnya.

“Selama empat tahun kuliah, kami akan mengantarkan saudara-saudara menjadi profesional muda yang mumpuni di bidang masing-masing, membekali kedalaman akademik dan keahlian di bidang masing-masing,” paparnya.

Kepada panitia OPAK, rektor secara khusus meminta pelaksanaan pengenalan almamater ini dilakukan berkeadaban. “Saya berpesan kepada lembaga kemahasiswaan mulailah OPAK ini dengan OPAK yang keberadaban, tidak perpeloncoan dan tidak main-main,” tandas Rektor.

Di tempat yang sama, Ketua Dewan Mahasiswa (DEMA) Muhammad Ulum dan Ketua Panitia OPAK 2015 Ilhamsyah, memastikan pelaksanaan OPAK kali ini dilakukan dengan pendekatan humanis dan menyenangkan.  “Dalam hal ini Saya menjamin dan memastikan di dalam pelaksanaan opak tidak akan ada perpeloncoan yang dilakukan oleh panitia atau senior mahasiswa baru” tandas Ilhamsyah.

Untuk menjamin kegiatan OPAK jauh dari perpeloncoan, pihaknya membuka pos pengaduan bagi peserta OPAK bila ditemukan kegiatan berbau perploncoan. Pengaduan bisa disampaikan secara online dengan mengakses bit.ly/laporGan, pesan aduan melalui SMS Center ke 081362109104/083807534442, atau melaui twitter @semauinjkt. (TAM/LRF)