Milad ke-60 UIN Jakarta Digelar di 2 Lokasi

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

Gedung FKIK, BERITA UIN Online – Penyelenggaraan Milad ke-60 ADIA/IAIN/UIN Jakarta ditetapkan akan berlangsung di dua lokasi. Lokasi pertama di kampus UIN Jakarta di Ciputat, Tangerang Selatan, sedangkan lokasi kedua di lahan Cikuya, Solear, Tangerang, Banten.

Pada rapat terbatas panitia dengan tim unit kegiatan mahahasiswa (UKM) di gedung Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK), Senin (17/4/2017), Ketua Panitia Milad ke-60 Prof Dr Arief Sumantri, mengatakan, kegiatan Milad ADIA/IAIN/UIN tahun ini diharapkan dapat memberikan makna yang lebih luas, tak hanya bagi warga kampus tetapi juga masyarakat.  Karena itu, kata Arief, kegiatan tersebut akan difokuskan di dua lokasi, yakni kampus UIN Jakarta dan di lahan milik UIN Jakarta di Desa Cikuya.

“Kegiatan di kampus UIN Jakarta bersifat seremonial dan ringan, sedangkan di Cikuya kita akan fokus untuk bakti sosial,” ujarnya.

Arief lebih lanjut menjelaskan, kegiatan di kampus UIN Jakarta di antaranya berupa perlombaan, seminar, dan gerak jalan sehat. Sedangkan kegiatan di Cikuya berupa bakti fisik, seperti pemeriksaan dan konsultasi kesehatan gratis, donor darah, aksi bersih-bersih masjid atau mushala dan madrasah, serta penanaman 6.000 ribu bibit pohon. Adapun untuk kegiatan penunjang, di antaranya akan diisi dengan pentas seni dan karnaval budaya nusantara.

Untuk melaksanakan kegiatan tersebut, menurut Arief, panitia menggandeng semua UKM. Mereka akan dilibatkan penuh sehingga pesta Milad terlihat lebih semarak dan didukung oleh semua kalangan divitas akademika. Selain itu, panitia juga akan menggandeng beberapa unsur terkait lain dari luas kampus, seperti Pemerintah Kota Tangerang Selatan, Pemerintah Kabupaten Tangerang, dan Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Kabupaten Tangerang.

“Pelaksanaan kegiatan bakti masyarakat di Cikuya akan diorganisir oleh semua UKM, termasuk senat dan dewan mahasiswa. Jadi, panitia inti hanya ikut membantu memfasilitasi saja,” ungkap Dekan FKIK tersebut. Kegiatan di lokasi Cikuya akan digelar pada 4-6 Mei 2017, sedangkan di lokasi kampus pada 14 Mei 2017. (ns)