Media, Corong Utama Islam dan Keindonesiaan

Rg. Uni Club, BERITA UIN Online— Media massa memegang peran penting dalam penyampaian informasi Islam dan Keindonesiaan kepada masyarakat dunia. Untuk itu, media massa diharapkan mampu menyampaikan informasi seimbang kepada publik.

Demikian disampaikan Wakil Rektor Bidang Kerjasama Prof. Dr. Murodi MA dalam Sosialisasi dan Networking Masyarakat Pers di Rg Uni Club, Selasa (06/10). Kegiatan yang diselenggarakan Pusat Layanan Humas dan Bantuan Hukum ini dihadiri berbagai awak media alumni IAIN-UIN Jakarta.

Sebagai institusi yang memegang alur informasi, lanjut Murodi, media massa memiliki pengaruh besar dalam membentuk persepsi publik. Ketika informasi disampaikan tidak berimbang, persepsi negatif akan terbangun dalam diri publik. Begitu juga sebaliknya.“Ini besarnya pengaruh media massa,” jelasnya.

Guru Besar Sejarah Kebudayaan Islam ini mencontohkan pemberitaan media massa tentang LGBT (Lesbian, Gay, Biseksual, dan Transgender) akhir-akhir ini. Mengutip sumber, media massa menyebutkan posisi pembolehan UIN Jakarta atas LGBT. “Padahal ini pendapat pribadi, bukan institusi,” katanya.

Searah kemajuan teknologi, tambah dia, informasi tersebut cepat terdistribusikan ke publik internasional. “Saat Kepala Pusat Studi Gender dan Anak (PSGA) kami (Ir. Rachmy P. M.Si, red.) kami mengikuti sebuah konferensi internasional, banyak publik yang bertanya, apa betul UIN Jakarta membolehkan?,” paparnya.

UIN Jakarta sebagai institusi pendidikan keislaman, tegasnya, lebih menekankan pada penguatan penguasaan keilmuan dan pengamalan nilai-nilai keislaman. Di saat yang sama, UIN Jakarta juga menanamkan nilai-nilai keindonesiaan.

“Aspek inilah yang kami harapkan bisa disuarakan media massa. Dengan begitu, kita bisa bersama-sama membangun masyarakat Muslim Indonesia yang moderat,” harapnya. (TAM/ZM)