Mata Najwa Bakal Singgahi UIN Jakarta

mata+najwaGedung Kemahasiswaan, Berita UIN OnlineProgram talkshow Metro TV bakal digelar di Gedung Auditorium Harun Nasution, Jumat (26/6/2015). Program yang dijadwalkan berlangsung pukul 14.00-18.00 WIB dan dipandu presenter Najwa Shihab ini bakal mengangkat tema “Belajar dari KH Ahmad Dahlan dan KH Hasyim Asy’ari.”

Demikian disampaikan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Prof Dr Yusran Razak MA kepada BERITA UIN Online, Jumat (19/6/2015).

“Insya Allah Jumat depan (26/6/2015) ada (Mata Najwa, red.) di UIN ini. Mudah-mudahan tidak ada halangan,” katanya.

Beberapa narasumber terkait tema, sambungnya, dijadwalkan hadir seperti Menteri Agama Drs H Lukman Hakim Saifudin MSi.Mewakili organisasi sosial keislaman yang dibentuk kedua tokoh yang diangkat menjadi tema talkshow, yaitu Prof Dr KH Said Aqil Siroj (Ketua Pengurus Harian Tanfidziyah) dan Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah Prof Dr H M Din Syamsudin MA.

“Sutradara film Sang Pencerah, Mas Hanung Bramantyo dan banyak lagi bintang tamu lainnya dijadwalkan turut hadir dalam talkshow nanti,” tambah Yusran.

Terkait tema “Belajar dari KH Ahmad Dahlan dan KH Hasyim Asy’ari,” Yusron menambahkan, disodorkan langsung tim ‘Mata Najwa’ kepada UIN Jakarta. Pemilihan tema didasarkan pertimbangan bahwa UIN Jakarta merupakan kampus moderat, menampung semua golongan atau organisasi kemasyarakatan Islam di Indonesia, terutama Nadlatul Ulama dan Muhammadiyah.

“Mengangkat nama tokoh pendiri dari dua ormas besar sendiri bermaksud untuk melihat, mempelajari, memetik dan mengaplikasikan sisi positif yang kedua tokoh contohkan dalam kehidupan sosial keagamaan,” paparnya.

Bagi UIN Jakarta sendiri, terang dia, kehadiran program Mata Najwa dengan tema yang diusung membuktikan UIN Jakarta sebagai perguruan tinggi yang meneguhkan Islam Nusantara moderat dan penuh penghormatan. Corak keislaman yang dibutuhkan dalam kondisi sosial keagamaan yang plural.

Pendaftaran Peserta

Bagi mahasiswa yang tertarik mengikuti penayangan Talkshow Mata Najwa, tambah Yusron, melalui link http://matanajwa.metrotvnews.com/mos/#. Setelah registrasi selesai, peserta akan beroleh tiket balasan dari tim Mata Najwa yang harus dicetak dan ditukarkan sesaat sebelum acara berlangsung dengan melampirkan identitas diri.

Lebih jauh, Yusron berharap kegiatan seperti ini bisa rutin dilakukan oleh UIN Jakarta. “Sebab dengan kegiatan demikian, terutama tema-temanya menyangkut sosial keagamaan, UIN Jakarta bisa mempromosikan wajah Islam Indonesia yang moderat ke dunia luas,” harap Guru Besar Antropologi ini. (Luthfy RF)