Mahasiswa UIN Jakarta Adakan KKN Kebangsaan di Malaysia

 

159

Sembilan mahasiswa UIN Jakarta adakan Kuliah Kerja Nayata (KKN) di Sabah, Kota Kinabalu, Malaysia. Demikian keterangan yang dikutip BERITA UIN Online dari Press Release yang diterbitkan bagian kemahasiswaan UIN Jakarta, Senin (31/07).

Malaysia, BERITA UIN Online— Sembilan mahasiswa UIN Jakarta adakan Kuliah Kerja Nayata (KKN) di Sabah, Kota Kinabalu, Malaysia. Demikian keterangan yang dikutip BERITA UIN Online dari Press Release yang diterbitkan bagian kemahasiswaan UIN Jakarta, Senin (31/07).

Masih dari sumber yang sama, kesembilan mahasiswa tersebut berasal dari berbagai fakultas. Mereka antara lain, Nana Supena (FSH), Yuli Noviyarni (FSH), Maulidiah Maskat (FSH), Dewi Fatimah (FSH), Diah Ayu (FSH), Dara Fitrialyta (FSH), Faiz Badridduja (FDI), M. Hasbi Hilmi (FST), Ulul Udin Albab (FAH).

KKN Kebangsaan yang mengusung tema Mengabdi untuk Bangsa di Negeri Tetangga tersebut, disambut dengan upacara resmi (Corded Call) yang dilakukan oleh KJRI Kota Kinabalu.

Melalui Corded Call tersebut, mereka mendapat arahan dan informasi dari Konsulat jenderal selaku perwakilan pemerintah Indonesia di kota Kinabalu, terkait kondisi WNI di kota Kinabalu dan kondisi lingkungan serta adat-istiadat masyarakat kota tersebut. Lebih dari itu, disampaikan pula arahan terkait kondisi para siswa SIKK dan PKBM atau CLC (Community Learning Center) yang tersebar di seluruh kota Kinabalu.

Hasil pantauan BERITA UIN Online di lokasi terlihat, dalam acara yang dilaksanakan pada, Jumat (28/07) tersebut, dilakukan pula serah terima mahasiswa dan cindera mata secara simbolis dari pihak UIN Jakarta kepada pihak KJRI.

Serah terima mahasiswa dan pemberian cindera mata tersebut dilakukan oleh dosen pembimbing KKN Kebangsaan UIN Jakarta, Eva Nugraha Mag kepada Konsul Jenderal Republik Indonesia Kota Kinabalu Ahmad DH Irfan.

“Pada dasarnya kami menerima dengan baik mahasiswa yang akan melakukan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kota Kinabalu, selamat datang dan selamat mengabdi,” ujar kepala sekolah Indonesia Kota Kinabalu, bapak Istiqlal.

Di tempat sama, Eva Nugraha mengucapkan terimakasih atas penyambutan dan apresiasi yang hangat dari KJRI dan Kepala Sekolah Indonesia di Kota Kinabalu. “Terimakasih atas sambutan dan jamuan yang luar biasa ini, program KKN UIN Jakarta ini pada dasarnya lebih mengutamakan pemberdayaan bukan pelayanan, kami berharap  output dari pemberdayaan ini menghasilkan sumber daya manusia yang dapat menularkan skill yang bermanfaat,” tandas Eva Nugraha. (lrf)