Mahasiswa FST Kenalkan Nuklir Sejak Dini

Ciputat, BERITA UIN Online— Mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi (FST) UIN Jakarta yang tergabung dalam komunitas Wahana Indonesia Prestasi (WIP) menggelar Road Show Ramadhan bertemakan “Nuklir itu Baik”, Minggu (18/6/17). Kegiatan berlangsung di Masjid Ar-Rahman, Rempoa, dan Masjid Al-Itihad, Cirende), dengan peserta anak-anak di kisaran usia 3-6 tahun.

Acara digelar bekerjasama dengan Badan Tenaga Nuklir (BATAN) dengan tujuan memperkenalkan dan memberikan  pendidikan kepada anak-anak bahwa nuklir itu baik dan bisa memberikan manfaat untuk kehidupan. “Selain itu kegiatan ini juga bertujuan  untuk mengembangkan kreatifitas anak-anak khususnya di bidang lingkungan,” ucap Sarwandi, salah satu mahasiswa peserta penyelenggara.

Menurutnya, selama terdapat anggapan salah bahwa nuklir merupakan sesuatu yang menakutkan, padahal dengan pemanfaatan teknologi yang baik nuklir merupakan hal bagus dan bisa di manfaatkan. “Kegiatan ini berusaha untuk memperkenalkan nuklir kepada anak-anak sejak dini, agar anak-anak dapat mengetahui manfaat dari nuklir, serta bisa mengubah pola pikir anak-anak agar tetap menjaga lingkungan dan bangga menjadi anak Indonesia,” tambahnya.

Rekan Sarwandi, Ahmad Rizal yang ditunjuk mengetuai acara tersebut memaparkan, kegiatan diisi dengan memberikan sejumlah kegiatan bertemakan nuklir kepada anak-anak seperti lomba menggambar, mewarnai, dan story telling. “Dalam kegiatan tersebut, diharapkan anak-anak bisa mengasah potensi dan daya kreatifitas mereka, sehingga bisa menjadi anak-anak yang cerdas dan kritis,” jelasnya. (Farah/Teti Pujiwati/ZM)