Mahasiswa FAH Gelar ‘Poros Budaya’

Gedung FAH, BERITA UINOnline Dewan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Adab dan Humaniora (DEMA FAH) me-launching “Poros Budaya” bertema “Ramadhan dan Pesan Humanisme dari Tuhan” di basement FAH, Rabu (17/6/2015). Kegiatan dilaksanakan dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1436 H.

Ditemui Berita UIN Online, Ketua DEMA FAH Didin Syayidin mengungkapkan‘Poros Budaya’ merupakan akronim dari poros berbagai budaya, program yang berfungi sebagai wadah ekspresi, apresiasi dan diskusi atas tiga tema pokok, yaknibudaya, kemanusiaan dan kepedulian sosial. Hal ini sesuai dengan FAH sendiri yang mengkaji tentang kebudayaan dan kemanusiaan.

“Rencananya kegiatan ini akan menjadi kegiatan bulanan sehingga bisa menjadi pusat kegiatan mahasiswa,”ujar mahasiswa jurusan Bahasa dan Sastra Arab ini.

Hadir sebagai narasumber Direktur Pusat Studi Agama dan Budaya (PSAB/CRSC) UIN Jakarta Irfan Abubakar MA dengan materi yang bertajuk “Semiotika Ramadhan.” Menurut Irfan, antara ibadah satu dan ibadah yang lainnya saling berelasi.

“Satu kata tidak akan pernah menjadi sebuah kalimat jika tidak dihubungkan dengan kata lainnya, begitu juga dengan ibadah. Suatu ibadah harus selalu bergandengan dengan muamalah. Ibadah tanpa muamalah seperti mubtada’ tanpa khobar,” paparnya.

Dijelaskan Irfan, sudah menjadi keharusan bagi setiap individu (Muslim), untuk memahami pesan-pesan humanisme dalam setiap ritual ibadah. Ibadah seperti shalat, puasa, dan zakat tidak semata bertujuan vertikal (penghambaan terhadap Tuhan/hablun minallah), melainkan juga bertujuan horizontal (saling memuliakan di antara manusia/hablun minannas).

“Semua ibadah itu merupakan sebuah jembatan untuk menuju tujuan yang lebih khusus,” tandasnya.

Dalam sambutan pembukaan acara ini, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama FAH Dr Zubair MA mengapresiasi kegiatan tersebut. Bahkan Zubair berharap kegiatan ini berlangsung rutin setiap bulan “Mirip ‘Kenduri Cinta’-nya Cak Nun (Emha Ainun Najib, red.),” harapnya.

Kegiatan melibatkan Lembaga Semi Otonom (LSO) mahasiswa FAH UIN Jakarta. Selain dihadiri ratusan mahasiswa, hadir pula finalis Putri Muslimah 2015 Siti Bahjatina. (Tutur AM/Luthfi RF).