Lulusan Terbaik Prestasi Non-Akademik Diberikan Penghargaan

UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menggelar wisuda sarjana ke-102, Sabtu-Minggu, (26-27/11), bertempat di Auditorium Utama Kampus I UIN Jakarta.

Wisuda Sarjana ke-102 UIN Jakarta yang digelar pada Sabtu-Minggu, (26-27/11) di Auditorium Harun Nasution.

Gedung Kemahasiswaan, Berita UIN Online– UIN Jakarta melaluiBagian Kemahasiswaan dan Alumni (BKA) akan memberikan piagam pernghargaan kepada Lulusan Terbaik Prestasi Non-Akademik Wisuda Sarjana ke-102.

Demikian disampaikan Kepala BKA Bambang Prihono SH pada Senin (6/12/2016) di ruang kerjanya Gedung Kemahasiswaan.

“Untuk mendapatkan piagam penghargaan ini, ada empat kategori yang kita tetapkan,” ujar Bambang.

Kategori pertama, lanjutnya, prestasi di bidang kejuaraan, perlombaan, pertandingan, kompetisi tingkat nasional atau internasional, perorangan atau keleompok.

Untuk ketegori kedua, prestasi di bidang karya kreatif, inovatif dan distinktif dalam berbagai bidang (seni, teknologi, karya tulis fiksi atau non-fiksi), perorangan atau kelompok, seperti pembuat aplikasi, penemuan, penulis buku (sudah diterbitkan dan ber-ISBN), pencetak rekor dan sebagainya.

Kategori ketiga, prestasi di bidang partisipasi aktif (pembicara, pemakalah, presentator, mentor, komite, trainer, konsultan) pada forum nasional dan internasional, perorangan atau kelompok. Ditambahkannya, masuk dalam kategori ini prestasi best speaker dan penampilan terbaik.

Terakhir, kategori prestasi bidang aksi sosial, kemanusiaan, lingkungan dan pendidikan tingkat nasional atau internasional, perorangan atau kelompok, seperti relawan bencana nasional dan sebagainya.

Bambang menginformasikan, untuk Lulusan Terbaik Non-Akademik Wisuda ke-102 ini ada lima orang yang ditetapkan berhak mendapatkan penghargaan sesuai kategori tersebut.

Untuk tingkat nasional, Bambang menyebutkan, Tegus Tresna Dewa lulusan Fakultas Syariah dan Hukum Juara 1 Lomba Debat Konstitusi, Deny Gunawan Susandi lulusan Fakultas Adab dan Humaniora penulis tiga buku, yaitu “Ospek Jilid 2” dan “Curhatku untuk Semesta” (keduanya diterbitkan Diva Group Jogja) serta “13 Menara Eiffel” (Self Publishing).

Masih di tingkat nasional, Ni’am Masykuri lulusan FAH Juara 1 Kaligrafi Naskah Provinsi DKI Jakarta 2015 dan Juara 3 Kaligrafi Naskah MTQ Nasional NTB 2016.

Sementara di tingkat internasional, Zaky Muntaz Ali lulusan Fakultas Adab dan Humaniora sebagai partisipator aktif Ihtifal Institut Pengajian Tinggi Asean dan Faisal Abdurrahman FAH sebagai Liaision Officer 3rd Islamic Conference of Labour Minister.

“Penghargaan ini akan segera kita berikan setelah ada Surat Keputusan (SK) Rektor UIN Jakarta. Sekarang ini masih dalam proses,” pungkas Bambang. (mf)