LP2M Sosialisasikan Internasionalisasi Jurnal

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UIN Jakarta menggelar sosialisasi bertajuk Internasionalisasi Jurnal di Liungkungan UIN Jakarta di Ruang Diorama, Senin (16/01/2017).

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UIN Jakarta menggelar sosialisasi bertajuk Internasionalisasi Jurnal di Liungkungan UIN Jakarta di Ruang Diorama, Senin (16/01/2017).

Ruang Diorama, Berita UIN Online– Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UIN Jakarta menggelar sosialisasi bertajuk Internasionalisasi Jurnal di Liungkungan UIN Jakarta di Ruang Diorama, Senin (16/01/2017). Kegiatan diharap memotivasi fakultas dan lembaga untuk meningkatkan status jurnal yang mereka terbitkan.

Kegiatan dibuka Rektor Prof. Dr. Dede Rosyada MA menghadirkan pembicara Kasi Publikasi Ilimiah, Direktorat Pendidikan Tinggi Islam Kementerian Agama Dr. Subandriyah MM. Selain para wakil rektor, para dekan, pengelola jurnal, kegiatan ini turut dihadiri Ketua LP2M UIN Jakarta Prof. Dr. Arskal Salim GP MA dan Sekretaris LP2M Dr. Imam Subchi MA.

Dalam sambutannya, rektor mengapresiasi sosialisasi yang diinisiasi oleh LP2M tersebut. Ia amat berharap kegiatan penerbitan artikel akademik di lingkungan UIN Jakarta terus bertumbuh lebih baik. Sebab penerbitan ini jadi indikator perkembangan kultur akademik sebuah perguruan tinggi.

“Salah satu indiator penting sebuah perguruan tinggi berorientasi riset adalah seberapa banyak kuantitas maupun kualitas mutu artikel akademiknya;,” tandasnya.

Bentuk Virtual Office

Selanjutnya, sambung Rektor, UIN Jakarta juga berencana membentuk virtual office bagi pengelolaan jurnal-jurnal di lingkungan UIN Jakarta. Keberadaannya nanti diharapkan menjadi ‘bengkel’ peningkatan mutu penerbitan jurnal ilmiah UIN Jakarta.

Keberadaannya sendiri diyakini bakal menambah upaya UIN Jakarta dalam mengembangkan tradisi penulisan jurnal. Tahun lalu, UIN Jakarta membentuk tim 9 yang bertugas melakukan akselerasi peningkatan status jurnal-jurnal ilmiah UIN Jakarta.

“Rencananya nanti kita bangun virtual office di kampus I, dan akan memiliki fasilitas yang memadai. Diharapkan dengan dibangunnya virtual office tersebut, maka kita harapkan agar para team pengelola jurnal dapat bekerja lebih efektif dan maksimal,” tandasnya.

Pembentukan virtual office sendiri, Rektor menambahkan, seiring ikhtiar UIN Jakarta dalam mendorong publikasi ilmiah internasional di 2017. Salahsatunya dengan peningkatan akreditasi jrunal.

“Semakin banyak jurnal yang terindeks secara internasional, maka nama UIN Jakarta akan semakin dikenal dunia,” ucapnya.

Sementara dalam sambutannya, Subandriyah mengapresiasi perkembangan pengelolaan jurnal di lingkungan UIN Jakarta. Sebagai perguruan tinggi berkelas dunia, sambungnya, sudah seharusya UIN Jakarta memiliki banyak jurnal akademik dengan latar belakang keilmuan berbeda-beda.

Terpisah, Arskal mengatakan bahwa LP2M akan terus memberikan support kepada team pembuat jurnal di UIN Jakarta, “Silahkan, kami akan memfasilitasi team pengelola jurnal di lingkungan UIN Jakarta,” ujarnya  (Farah NH/Ahmad Hamdhani-usa)