Lembaga Kemahasiswaan Siap Sukseskan Milad UIN Jakarta

159

Rapat khusus bakti sosial antara pengurus lembaga kemahasiswaan dan panitia inti Milad ke-60 ADIA/IAIN/UIN Jakarta di gedung Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Jumat (21/4/2017). Rapat di antaranya membahas masalah teknis kegiatan yang akan digelar di Cikuya, Solear, Banten, pada 4-6 Mei 2017.

Gedung FKIK, BERITA UIN Online – Lembaga-lembaga kemahasiswaan tingkat universitas, seperti Senat Mahasiswa (Sema), Dewan Mahasiswa (Dema), dan unit-unit kegiatan mahasiswa (UKM) menyatakan kesiapannya guna membantu dan menyukseskan perayaan Milad ke-60 ADIA/IAIN/UIN Jakarta. Hal itu terungkap saat digelar rapat khusus antara panitia inti milad dan pengurus lembaga kemahasiswan di gedung Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK), Jumat (21/4/2017).

Rapat yang dipimpin bidang acara Nanang Syaikhu itu di antaranya membahas masalah teknis bakti sosial yang akan digelar di lahan milik UIN Jakarta di Cikuya, Solear, Tangerang, Banten. Sebanyak 18 lembaga kemahasiswaan hadir, dua di antaranya Sema dan Dema. Turut pula hadir Kepala Bagian Tata Usaha FKIK Drs Rasiin MA serta beberapa staf.

Nanang menjelaskan, bakti sosial (baksos) digelar sebagai bagian kontribusi UIN Jakarta kepada masyarakat. Baksos tersebut di antara berupa fisik dan non fisik.

“Bakti fisik di antaranya berupa perbaikan sarana ibadah dan penanaman bibit pohon, sedangkan non fisik berupa pemeriksaan kesehatan gratis bagi warga,” ujarnya.

Selain dalam bantuk baksos, perayaan Milad di Cikuya juga akan diisi dengan kegiatan seni budaya. Di antaranya pementasan seni oleh mahasiswa dan karnaval budaya Nusantara.

“Penyelenggara semua kegiatan tersebut kita serahkan sepenuhnya kepada para mahasiswa, dalam hal ini pengurus lembaga kemahasiswaan,” jelas Nanang.

Pelibatan lembaga mahasiswa dalam kegiatan tersebut, lanjutnya, bertujuan guna melatih para mahasiswa bermasyarakat. Lebih dari itu juga guna memberikan kesempatan kepada mereka berkreasi dan berinovasi. “Acara kita serahkan sepenuhnya kepada mahasiswa, sedangkan panitia inti hanya mendorong dan memfasilitasi. Kami yakin mahasiswa mampu menyelenggarakannya dengan baik,” katanya.

Baksos Milad ADIA/IAIN/UIN Jakarta di Cikuya akan berlangsung pada 4-6 Mei 2017. Penyelenggaraannya dilakukan dalam bentuk perkemahan (full basecamp) serta diikuti oleh sekitar 200 mahasiswa. Selain baksos, juga digelar aneka lomba dan gerak jalan sehat di kampus 2 UIN Jakarta.

Sesuai jadwal, acara baksos diawali dengan pembukaan oleh Rektor Prof Dr Dede Rosyada. Setelah itu dilanjutkan dengan penanaman bibit pohon, pemerikasaan kesehatan gratis bagi warga, dan karnaval budaya Nusantara yang akan berkirab di kawasan rumah penduduk. (ns)