KSR PMI UIN Jakarta Akan Gelar Festival Kesehatan

159Rektorat, BERITA UIN Online— Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Korps Sukarela (KSR) UIN Jakarta akan menggelar Festival Kesehatan dan Donor Darah (FKD) 2017. Acara yang mengusung tema SOFT (Save Our Future) ini, akan dihelat selama tiga hari, mulai Selasa-Kamis (19-21/09), bertempat di Aula Student Center (SC) UIN Jakarta.

Dari ketiga hari tersebut, tidak diisi festival kesehatan dan donor darah semata, namun pada hari ketiga, akan diisi dengan seminar kesehatan yang mengusung tema Kupas Tuntas Kanker Serviks dan Kanker Payudara Demi Masa Depan Bahagia.

Dalam acara pestival kesehatan, akan dibuka layanan pemeriksaan beberapa komponen penting dalam tubuh kita, diantaranya pemeriksaan lemak (registrasi:lima ribu rupiah), Tulang (lima ribu rupiah), Golongan Darah (delapan ribu rupiah), Kulit (sepuluh ribu rupiah), Iridologi (lima belas ribu rupiah), Asam Urat (lima belas ribu rupiah), Gula Darah (lima belas ribu rupiah), Kolesterol (dua puluh ribu rupiah), Bekam (lima puluh lima ribu rupiah), Optik (free), IMT (free), dan Tensi (free), selain itu terdapat pula harga-harga paket.

Layanan kesehatan yang dimulai pukul. 08.00-17.00 WIB tersebut, bekerjasama dengan beberapa instansi, diantaranya Unit Transfusi Darah (UTD) Kota Tangerang, Unit Transfusi Darah (UTD) Tangerang Selatan, dan Unit Transfusi Darah (UTD) Kabupaten Bogor. Selain itu, kegiatan tersebut juga bekerjasama dengan Herbal Life, Optik Syahid RS UIN,  Asosiasi Pengobatan Ramuan Indonesia (ASPETRI), Fonterra Brains Indonesia Anlene, dan Jalan Amal serta Health and Happiness.

Sebagai informasi, bagi yang berniat mendonorkan darahnya, diharapkan memenuhi persyaratan berikut, diantaranya berusia tidak kurang dari 17 tahun, dan belum melebihi 70 tahun, tidur cukup 5-6 jam di malam harinya, berat badan minimal 45 kg, tidak sedang menstruasi, dan tidak sedang sakit atau mengonsumsi obat.

Untuk diketahui, manfaat donor darah antara lain, mengurangi kelebihan kadar zat besi, meningkatkan produksi sel darah merah, mengetahui golongan darah, baik untuk psikologi pendonor, mendeteksi penyakit serius, dan yang terakhir badan akan sehat.

Bagi siapa pun yang berminat mengikuti serta menjadi peserta pada rangkaian pestival kesehatan ini, maka segeralah mendaftarkan diri dengan cara mengetik Cek Kesehatan: (Nama_Instansi_FKD Cekkes_No. HP_Jenis Cek Kesehatan), Donor Darah: (Nama_Instansi_FKD DD_No.HP), dan untuk format pendaftaran seminar kesehatan dengan mengetik (Nama_Instansi_FKD SK_No.HP). Format pendaftaran tersebut dapat dikirimkan ke nomor panitia, yaitu 08778920 3344 atas nama Nabila dan 081283984951 (Bayed). Atau dapat langsung menghubungi humas KSR PMI UIN Jakarta di nomor 08567279817. (lrf/sam)